Masuk Singapura, BMW M4 CS Dibanderol Hampir Tiga Kali Lipat dari Indonesia

JAKARTA - BMW secara resmi memboyong M4 CS terbaru ke pasar Singapura sekaligus melengkapi lini mobil sport M di negara tersebut. Mobil ini diposisikan di antara varian Competition Coupe dengan M xDrive.

Managing Director BMW Group Asia, Lars Nielsen mengatakan mobil ini mewakili kehebatan yang dimiliki oleh divisi BMW M, dengan menawarkan peningkatan tenaga, pengendalian presisi, serta desain halus dengan bobot lebih ringan.

“Dengan kemampuannya yang telah disempurnakan dan status eksklusifnya, All New BMW M4 CS memastikan pengalaman berkendara terbaik terus berlanjut di Singapura,” kata Nielsen dalam laman resmi pabrikan, Rabu, 20 November.

M4 CS terbaru usung teknologi sasis yang telah disesuaikan agar performa mesin dapat menyatu dengan karakteristiknya yang dinamis.

Mobil ini didukung oleh sejumlah penyetelan personalisasi dan pengaturan camber pada roda, peredam pegas, dan batang anti-roll yang dibuat secara khusus untuk mengoptimalkan gaya berkendara presisi.

Demi memaksimalkan kapasitas dari M4 CS, BMW memberinya peredam suspensi M adaptif yang dapat diatur secara elektronik. Selain itu, dihadirkan juga sistem Dynamic Stability Control (DSC) dan M Dynamic Mode yang dapat menyesuaikan kebutuhan spesifik berkendara di sirkuit secara dinamis.

BMW menggunakan komponen yang terbuat dari Carbon Fibre-Reinforced Plastic (CFRP) yang berperan dalam meringankan bobot kendaraan ini. Atap serat karbon adalah contoh utama, bobotnya yang ringan membuat pusat gravitasi mobil lebih dekat ke jalan sehingga meningkatkan kelincahan dan dinamika menikung.

Kap mesin, splitter depan, saluran masuk udara depan, tutup kaca spion luar, diffuser belakang, dan spoiler belakang bergaya Gurney juga dibuat dari bahan ringan dan berteknologi tinggi ini.

Interior juga menggunakan bahan ini pada bagian konsol tengah, shift paddle di belakang kemudi, dan elemen trim interior. Model edisi khusus ini juga hadir sebagai standar dengan jok bucket M Carbon, yang konstruksinya meminimalkan bobot dengan menonjolkan penggunaan CFRP pada elemen struktural bantalan dan sandaran kursi serta potongan yang menarik pada bagian belakang.

Selain itu, sistem pembuangan hadir lebih ringan 4 kg berkat penggunaan peredam belakang berbahan titanium. Jadi, secara keseluruhan, desain ringan membuat bobot mobil ini turun sekitar 20 kg dibandingkan M4 Competition Coupé M xDrive.

Berbicara mesin, mobil ini dibekali dengan 6-silinder segaris yang memproduksi tenaga 550 dk dan torsi 650 Nm atau meningkat 20 dk dibandingkan dengan M4 Competition Coupe M xDrive sebelumnya.

Dibantu dengan sistem transmisi M Steptronic delapan percepatan dengan penggerak all-wheel drive, M4 CS terbaru dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,4 detik dengan kecepatan tertinggi hingga 302 km/jam.

BMW M4 CS di negeri Singa dibanderol dengan harga fantastis senilai 702.888 dolar Singapura atau setara Rp8,324 miliar. Ini lebih mahal bila dibandingkan yang diluncurkan di Indonesia senilai Rp2,990 miliar.