Kia EV3 Tampil Perdana di Asia Pasifik, Bakal Hadir di Indonesia?
JAKARTA - Sejak pertama kali debut global Mei tahun ini, Kia EV3 dipastikan akan menyapa sejumlah negara tertentu di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2025 mendatang.
Mengutip dari laman Paultan, Jumat, 15 November, kepastian tersebut diumumkan oleh Presiden dan CEO Kia Asia Pacific HQ Ki Seok Ahn, dalam acara Kia EV Day di Taiwan. Dalam pemaparannya ia mengatakan bukti dedikasi Kia yang tak tergoyahkan terhadap mobilitas berkelanjutan.
Menariknya tak hanya memperkenalkan Kia EV3 saja, tapi juga ada lini kendaraan listrik lainya seperti EV9 dan EV5 serta Concept EV4 dan Concept PV5
"EV Day perdana kami di kawasan Asia Pasifik merupakan bukti dedikasi Kia yang tak tergoyahkan terhadap mobilitas berkelanjutan dan komitmen tanpa henti kami untuk mendorong revolusi EV ke depan," ungkapnya.
Lanjut ke Kia EV3, kehadiran model tersebut akan mengisi pasar SUV kompak, di mana Kia EV3 memiliki dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.560 mm, dan jarak sumbu roda 2.680 mm dan akan bersaing dengan BYD Atto 3.
Baca juga:
Dibangun di atas E-GMP (Electric-Global Modular Platform), Kia EV3 menggunakan arsitektur listrik 400V yang memungkinkan pengisian cepat. Berdasarkan lembar spesifikasi yang diberikan, EV3 akan ditawarkan dalam dua varian, yang pertama adalah Short Range yang dilengkapi baterai nikel mangan kobalt (NMC) 58,3 kWh untuk jarak tempuh hingga 436 km mengikuti standar WLTP. Varian ini akan terisi dari 10-80 persen dalam waktu 29 menit.
Pilihan kedua juga dilengkapi baterai NMC tetapi dengan kapasitas energi yang lebih tinggi yaitu 81,4 kWh yang meningkatkan jarak tempuh hingga 605 km, yang lebih jauh dari pesaing yang disebutkan di atas, dan waktu pengisian daya 10-80 persen hanya sedikit lebih lama yaitu 31 menit.
Kia EV3 hanya tersedia dengan penggerak roda depan, dan motor listrik yang dipasang pada kedua varian identik dan memiliki daya 204 PS (201 hp atau 150 kW) dan torsi 283 Nm. Waktu tempuh 0-100 km/jam adalah 7,5 detik untuk Short Range, sedangkan Long Range membutuhkan 7,7 detik.
Model tersebut juga dilengkapi dengan eDTVC (Electric Dynamic Torque Vectoring Control) untuk memastikan traksi optimal saat melaju, sementara pengereman regeneratif i-Pedal 3.0 pertama kali diperkenalkan pada EV dan pada dasarnya merupakan pengendaraan satu pedal dengan berbagai tingkat penyesuaian yang tersedia bagi pengemudi.
Terdapat juga sistem keselamatan lengkap, seperti ADAS, Forward Collision Avoidance Assist 2, Lane Keeping Assist, Highway Driving Assist 2, Reverse Parking Collision Avoidance Assist, and Remote Intelligent Parking Assist.