Mazda Siapkan Generasi Mesin Baru "Skyactiv-Z" untuk 2027, Pengganti Teknologi Skyactiv-G dan X

JAKARTA – Mazda baru saja mengungkapkan detail terbaru terkait rencana masa depannya melalui dokumen presentasi keuangan triwulanan. Salah satu sorotan utama adalah pengembangan keluarga mesin baru bernama Skyactiv-Z, yang dirancang untuk menggantikan teknologi Skyactiv-G dan Skyactiv-X secara global, mempertahankan keberadaan mesin bensin Mazda hingga dekade 2030-an.

Menurut laporan Motortrend, 13 November, informasi pengembangan mesin ini pertama kali diungkap oleh Motor1, di mana Mazda melalui satu slide presentasi keuangannya mengisyaratkan alokasi dana untuk penelitian dan pengembangan, termasuk rencana peluncuran keluarga mesin bensin generasi baru. Mesin Skyactiv-Z ini diharapkan mulai diperkenalkan di pasar Eropa dan AS pada tahun 2027, yang berarti kemungkinan besar akan hadir pada model kendaraan tahun 2027 atau 2028.

Mazda mencatat bahwa mesin Skyactiv-Z akan menggunakan metode pembakaran "lambda satu" yang dirancang untuk mencapai efisiensi termal tinggi dengan pembakaran super hemat bahan bakar dalam rentang putaran mesin rendah hingga tinggi. Metode ini diharapkan mampu memberikan kinerja lingkungan yang lebih baik sekaligus mempertahankan performa berkendara yang optimal. Selain itu, hasil pengembangan ini mungkin akan diterapkan pada keluarga mesin I-6 Mazda di masa depan.

Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit tentang pengembangan mesin hybrid, catatan presentasi tersebut menunjukkan bagaimana Mazda telah mengonsolidasikan strategi bisnis, pengembangan teknologi, dan produk terkait elektrifikasi dalam satu kerangka kerja terpadu. Hal ini mengindikasikan bahwa teknologi hybrid kemungkinan akan menjadi bagian dari percakapan dalam pengembangan mesin empat silinder generasi mendatang. Mazda juga terus mengembangkan mesin rotari baru yang berpotensi digunakan dalam aplikasi hybrid dan EV dengan peran sebagai range extender.

Mesin empat silinder Skyactiv-Z ini diperkirakan akan menjadi bagian dari pengembangan generasi terbaru Mazda Miata, yang tetap mempertahankan mesin bensin selama mungkin, menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku. Kehadiran Skyactiv-Z memberikan petunjuk pertama tentang inovasi mesin yang mungkin akan terlihat pada mobil sport ikonis ini di masa depan, baik dalam bentuk hybrid maupun konvensional