Bagikan:

JAKARTA - Mazda dikabarkan akan menghentikan varian diesel pada model CX-5 dan menggantinya dengan tipe hybrid untuk generasi baru yang akan datang.

Dilaporkan Motor.es yang ditulis Drive, Kamis, 8 Agustus, SUV medium tersebut akan hadir dengan penambahan opsi hybrid maupun plug-in hybrid (PHEV).

Sayangnya, informasi mengenai CX-5 generasi berikutnya masih sangat terbatas. Tetapi pada awal tahun ini, merek premium ini mengonfirmasi bahwa mereka akan hadir dengan powertrain hybrid yang dikembangkan secara mandiri agar dapat menandingi rivalnya seperti Toyota RAV4.

Diperkirakan Mazda CX-5 generasi ketiga akan debut untuk pertama kalinya pada tahun 2025 dan akan diluncurkan ke pasar global satu tahun berikutnya.

Pabrikan yang bermarkas di Hiroshima, Jepang ini bukanlah satu-satunya yang mematikan varian diesel pada jajaran modelnya. Langkah ini juga dilakukan oleh merek lainnya seperti Nissan, Hyundai, Kia, dan Toyota. Namun, sejumlah produsen otomotif tetap mempertahankan opsi ini pada kendaraan komersial ringannya.

Mazda telah memperkenalkan varian diesel pada CX-5 sejak tahun 2012 lalu pada generasi pertama, dimulai dengan mesin 2,2 liter turbo-diesel yang memproduksi tenaga hingga 129 kW dan torsi 420 Nm.

Kemudian, generasi kedua juga ditawarkan dengan versi diesel pada 2017 lalu dan ditingkatkan dayanya menjadi 140 kW dan torsi 450 Nm.

Sementara itu, Indonesia tidak mendapatkan CX-5 varian diesel. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) hanya menawarkan varian mesin tunggal saja untuk pasar tanah air.

Usung bahasa desain Kodo yang khas, SUV tersebut memiliki sejumlah keunggulan. Merek ini melakukan pendekatan GVC Plus yang berpusat pada manusia yang menjadikan pergerakan kendaraan lebih responsif, percaya diri, dan nyaman.

PT EMI hanya menghadirkan CX-5 dengan varian mesin SKYACTIV-G 2.5L yang diklaim mampu menghamburkan tenaga 190 dk dan torsi 252 Nm. Teknologi ini diklaim memiliki kemampuan menonaktifkan dua dari empat silinder saat dalam kondisi pelan yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi BBM.

Untuk pasar Indonesia, Mazda CX-5 saat ini dibanderol mulai dari Rp647,7 juta On The Road DKI Jakarta.