Lebih Personal dan Efisien, Keuntunggan Berbelanja Online dengan Bantuan AI

JAKARTA - Kecerdasan buatan (AI) merupakan sebuah keniscayaan yang menyentuh segala aspek dalam kehidupan, termasuk sektor ekonomi digital. Memahami keniscayaan ini, penting diketahui bahwa AI dapat membantu konsemen dalam hal berbelanja.

Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo mengatakan, AI dapat membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, dan menjawab pertanyaan seputar belanja.

"Kehadiran AI dalam berbelanja, memberikan bertugas menjadikan belanja online lebih personal, interaktif, dan efisien dalam membantu pelanggan 24/7. Hadir dengan kemampuan yang lebih canggih berkat dukungan teknologi, AI dapat membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi," ucap Amelia dalam peluncuran fitur terbaru berbasis AI Generatif (GenAI) pada platform pionir eCommerce di Asia Tenggara itu.

“Melalui kolaborasi riset dengan Kantar, fitur-fitur GenAI berkomitmen untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan akan pengalaman belanja terbaik. Fitur-fiturnya memungkinkan interaksi yang lebih natural, layaknya berbelanja dengan asisten pribadi yang akan membantu konsumen berbelanja, termasuk dalam menyambut berbagai promo belanja online akhir tahun," tambahnya.

Seiring AI dan GenAI yang berperan sebagai katalis pertumbuhan utama dalam belanja online, berikut empat dimensi penting (4D) yang meningkatkan belanja online sebagai berikut:

Discovery: Peningkatan Pencarian Produk dan Inspirasi Belanja

AI membentuk cara baru bagi pelanggan dalam menemukan produk dengan memberikan rekomendasi yang terpersonalisasi dan pencarian produk yang lebih efisien. Hasil riset Kantar menunjukkan 54% responden Indonesia memanfaatkan AI untuk mendapatkan rekomendasi belanja yang lebih personal. Fitur membantu rekomendasi cerdas membantu pelanggan menemukan produk yang relevan dengan preferensi dan riwayat belanja.

Laporan juga menunjukkan bahwa 64% responden Indonesia menggunakan chatbot, lebih tinggi dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Chatbot disukai oleh pembeli online di Indonesia karena tersedia setiap saat dan menawarkan layanan yang lebih cepat.

Dependability: Membangun Kepercayaan dan Loyalitas melalui Pengalaman yang Dipersonalisasi

Hasil riset turut menunjukkan tingkat adopsi AI yang mencapai 77% di Indonesia merepresentasikan tingginya kepercayaan dan penerimaan konsumen terhadap teknologi ini. Sebanyak 53% pelanggan menilai penggunaan AI di dalam eCommerce mempermudah proses belanja, dengan fitur yang paling digemari adalah AI chatbot, pencarian produk dengan gambar, rekomendasi produk, dan analisis ulasan produk.

Melihat dampak yang diberikan GenAI pada proses belanja, konsumen menggunakan AI di eCommerce lebih banyak dari industri lain, bahkan 85% pelanggan Indonesia rela membayar lebih untuk menggunakan AI di dalam platform eCommerce.

AI Expert & Co-Founder Feedloop.ai, Ajie Santika menjelaskan bahwa hal ini didorong oleh GenAI yang dapat menyederhanakan berbagai proses aplikasi ke dalam beberapa klik.

“Selama ini kita sudah familiar dengan AI yang dapat melakukan sesuatu. Kini, perkembangan teknologi melahirkan GenAI untuk tidak hanya melakukan, tetapi juga membuat. GenAI dapat menganalisis kumpulan data yang sangat besar dan mempelajari polanya, lalu menghasilkan output yang baru. Teknologi ini tentunya akan sangat membantu produktivitas karena dapat menyederhanakan proses."

Deals: AI Membantu Pelanggan Menemukan Penawaran Terbaik

Penawaran harga merupakan pendorong utama keputusan pembelian produk. Associate Director Kantar Indonesia, Ummu Hani, memaparkan, “Salah satu titik kesulitan pelanggan dalam berbelanja online adalah Fear of Missing Out (FOMO) atau takut melewatkan promo belanja (49%). Sejalan dengan data yang menunjukkan bahwa, setelah kualitas (57%), penawaran harga yang kompetitif merupakan pertimbangan utama keputusan pembelian produk oleh pelanggan (54%).”

Decision Making: Pilihan Belanja yang Lebih Cerdas

Temuan Lazada mengungkapkan bahwa 62% pelanggan Indonesia melihat ulasan produk dan penjual sebagai pertimbangan utama saat berbelanja online, yang tertinggi di antara negara lain di Asia Tenggara. Melanjutkan temuan ini, AI Lazzie sebagai pembaruan GenAI Lazada dirancang untuk membuat konten unik dengan memanfaatkan ulasan produk, yaitu menonjolkan poin penjualan utama produk, serta memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Selain itu, untuk mempercepat proses pengambilan keputusan, AI Lazzie dapat menjawab pertanyaan pembeli setiap saat yang nantinya dapat menghasilkan peningkatan konversi pesanan dan kepuasan, serta membangun loyalitas pelanggan.