Mengenal Pabrik Daihatsu di Karawang yang Canggih dan Ramah Lingkungan

JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah berdiri sejak 1978 lalu. Selain sebagai agen pemegang merek Daihatsu di tanah air, perusahaan juga mengukuhkan dirinya sebagai basis produksi mobil dan komponen di luar Jepang.

Perusahaan ini memiliki dua pabrik perakitan yang terletak di Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat. Salah satu fasilitasnya yang berada di Karawang telah berdiri sejak 2012 lalu dan dibangun di atas lahan seluas lebih dari 90 hektar berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta.

ADM mengklaim, pabrik perakitan tersebut mampu menghasilkan kapasitas produksi sebanyak hingga 200.000 unit per tahunnya.

Pabrik ini menawarkan fasilitas yang terhubung dengan teknologi robotic canggih sehingga dapat melakukan semua proses produksi kendaraan roda empat melalui penerapan konsep “Simple, Slim, & Compact”.

Corporate Communication Director and Marketing Director PT ADM Sri Agung Handayani, mengatakan pabrik di Karawang ini juga memperkuat komitmen pihaknya dalam memanfaatkan energi bersih dan berkelanjutan.

“ADM mengembangkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia, melalui penerapan proses produksi yang modern dan ramah lingkungan lewat fasilitas pabrik perakitan di Karawang, Jawa Barat ini,” kata Agung dalam siaran resminya, Jumat, 1 November.

Komitmen yang ditunjukkan ini dilakukan dengan pemasangan panel surya pada tahun 2019 dari fasilitas Parts Center Cibitung, disusul pabrik Karawang yang berlangsung hingga saat ini.

Pabrik Daihatsu akan memiliki total kapasitas sebesar 12,5 MW yang mampu mengurangi lebih dari 17.000 Ton emisi CO2 atau setara dengan memberikan listrik bersih untuk lebih dari 1,5 juta rumah.

Proses perakitan mobil diawali dengan Press Shop, yakni bermula dari lempengan besi yang kemudian dicetak dengan mesin cetak ribuan ton untuk membentuk sebuah kendaraan secara utuh.

Pada saat yang sama, pembuatan mesin mobil juga dilakukan di Casting Shop. Disini, blok mesin dibuat dari alumunium cair yang dicetak dengan mesin berteknologi tinggi, dengan tingkat presisi yang sempurna.

Blok mesin yang telah terbentuk dan menyelesaikan tes kualitas, kemudian dibawa ke Engine Shop untuk dirakit hingga menjadi mesin mobil yang siap digunakan. Setelahnya, komponen mesin dan bodi yang sudah jadi, siap untuk disatukan menjadi mobil utuh melalui Assembly Shop.

Bodi mobil utuh siap masuk ke proses berikutnya, yaitu pengecatan. Mobil dicelup ke cairan cat dasar dengan teknologi terkini untuk membuat besi tahan karat dan memperkuat cat luar.

Proses pengecatan tersebut menggunakan bantuan dari teknologi robotik, sehingga menghasilkan bodi lebih mengkilap sempurna.

Setelahnya, mobil memasuki proses pemasangan interior dan mesin. Untuk mempercepat prosesnya, perakitan dilakukan dengan presisi sesuai standar kualitas produksi global.

Mobil yang telah berbentuk seutuhnya dilakukan berbagai macam tes, seperti drum test untuk uji pengereman dan water leaking untuk pengujian kebocoran pada mobil.