MMKSI Resmikan Mitsubishi Training Center Baru di Cibitung yang Jadi Terbesar di ASEAN
JAKARTA - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) hari ini meresmikan fasilitas Mitsubishi Motors Training Center baru, yang berlokasi di kawasan Industri MM2100 Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.
Fasilitas tersebut menjadi pusat pelatihan Mitsubishi Motor terbesar dan terlengkap di Indonesia, bahkan di kawasan Asia Tenggara, dan menjadi pilar penting bagi perusahaan.
Presiden Direktur PT MMKSI Atsushi Kurita, mengungkapkan bahwa Training Center baru ini menjadi salah satu pilar penting bagi nilai brand Mitsubishi yakni life's Adventure, dimana perusahan ingin menjadi brand yang dapat diandalkan dan dapat mendukung setiap perjalanan konsumen di Indonesia.
"Fasilitas ini memainkan peran penting dalam memastikan kesiapkan kami untuk menjaga brand tetap kompetitif dalam persaingan, dan juga tantangan serba cepat di industri Indonesia," katanya, saat peresmian Training Center baru, di Cibitung, Rabu, 30 Oktober.
Lebih lanjut ia mengatakan, dalam perjalanan menuju eksistensi brand Mitsubishi Motors ke-55 tahun bersama Indonesia, investasi berharga ini (training center) menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk terus berekmbanf di Indonesia.
Lokasi strategis
Pemilihan wilayah Jabodetabek sebagai domisili Mitsubishi Motors Training Center bukan tanpa alasan, dikarenakan lokasinya yang strategis, serta serta kontribusi wilayah yang sangat baik, atau sebesar 40 persen terhadap penjualan model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors secara nasional.
Selain itu, angka service incoming unit atau disebut (SIU) di wilayah Jabodetabek sepanjang tahun 2023 mencapai lebih dari 200.000 unit. Detail lokasinya, Mitsubishi Motors Training Center ini terletak tidak jauh dari pintu keluar Tol Cibitung, mulai beroperasi pada 14 Oktober 2024, dan akan menjadi training center utama Mitsubishi Motors di Indonesia, selain delapan fasilitas Mitsubishi Regional Training Center (MRTC) lain yang sebelumnya telah beroperasi di delapan kota di Indonesia, yaitu Medan, Palembang, Cikarang, Kebumen, Mojokerto, Makassar, Banjarbaru, dan Bandung.
Baca juga:
Nilai investasi dan tawarkan fasilitas lengkap
Mitsubishi Motors Training Center dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp250 miliar, yang sejalan dengan komitmen kuat MMKSI pada slogan 'Life’s Adventure' untuk menemani, dan mendukung kehidupan konsumen dalam aktivitas kesehariannya melalui peningkatan standar kualitas layanan terbaik ke jenjang yang lebih tinggi lagi.
Berdiri di atas lahan seluas 20.200 m2 serta bangunan yang terdiri dari dua lantai dengan total luas 8.895 m2, didesain dengan konsep modern yang sesuai dengan nilai dan semangat Mitsubishi Motors, di mana secara operasionalnya nanti akan tetap menjaga lingkungan kerja yang baik. Mitsubishi Motors Training Center memiliki tenaga pengajar yang kompeten dengan sertifikasi dan standar operasional Mitsubishi Motors global. Selain itu, seluruh fasilitas mendukung kebutuhan yang terkait dengan aktivitas penjualan, servis kendaraan, penyediaan suku cadang hingga sarana bodi dan cat.
Semua materi pembelajaran akan dilakukan di ruang-ruang kelas yang bersih dan nyaman, dengan fasilitas lengkap untuk mendukung simulasi pada saat pelatihan. Tak hanya itu, tersedia area test course seluas 5,625 m2 di area outdoor, yang akan digunakan oleh para trainee untuk melakukan uji kendaraan untuk training produk maupun training yang terkait dengan purna jual, untuk mendapatkan real experience terhadap produk-produk Mitsubishi Motors.
Kurikulum Pelatihan Mitsubishi Motors Training Center
Fasilitas Mitsubishi Motors Training Center ini diharapkan akan menjadi pusat unggulan dalam pengembangan keterampilan dan kapabilitas tenaga kerja, guna memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat dari dealer-dealer Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia.
Totalnya, fasilitas ini memiliki kapasitas pelatihan total dengan output dari 6.000 orang atau meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya, melalui 46 sesi kelas pelatihan untuk sales training untuk 2.600 orang, dan 351 sesi kelas pelatihan layanan purna jual yang terbagi dalam kelas teknis, kelas non-teknis, dan bodi & cat, untuk 3.200 orang.