Bukayo Saka Buat Rekor, tapi Kecewa Hasil Imbang Arsenal Lawan Liverpool

JAKARTA - Bukayo Saka menyumbangkan satu gol saat Arsenal bermain seri 2-2 melawan Liverpool pada pekan kesembilang Liga Inggris 2024/2025, Minggu, 27 Oktober 2024.

Gol itu membawa Saka menjadi pemain Arsenal termuda yang mencetak 50 gol Liga Inggris. Pemain 23 tahun itu membuka keunggulan The Gunners pada menit kesembilan.

Gol tersebut juga membawanya menjadi pemain termuda ketujuh di Liga Inggris yang mencapai 50 gol pada usia 23 tahun dan 52 hari, delapan hari lebih tua daripada saat pencetak gol terbanyak Inggris, Harry Kane, mencetak gol ke-50 di Liga Inggris.

Legenda Liverpool, Robbie Fowler, tetap menjadi pemain termuda yang mencapai tonggak sejarah itu pada usia 20 tahun dan 252 hari. Dia mengungguli sesama penyerang The Reds, Michael Owen, Wayne Rooney, Romelu Lukaku, dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain termuda kelima.

"Saya tidak suka melewatkan pertandingan. Jadi, saya sangat bersemangat untuk kembali."

"Saya sudah memikirkan pertandingan ini (melawan Liverpool). Saya merasa baik-baik saja di sana, dan senang bisa mencetak gol cepat," kata Saka di laman resmi Arsenal.

Meski mencetak rekor, Saka mengaku kecewa dengan hasil seri tersebut. Dia merasa penampilan tim di hadapan publik sendiri belum maksimal.

"Kami kecewa. Saya merasa kami tidak menunjukkan kemampuan terbaik kami selama 90 menit dan itu merugikan kami pada akhirnya. Kami yakin kami seharusnya menang," tutur pemain Timnas Inggris tersebut.

Sementara itu, Mikel Arteta memuji konsistensi Saka sebagai salah satu hal positif.

Padahal, penyerang sayap itu baru kembali dari cedera hamstring. Saka sudah absen setelah melawan Southampton pada 5 Oktober 2024.

Namun, begitu turun lagi, dia bisa menjawab kepercayaan pelatih dan menjadi pemain kunci Arsenal.

"Setelah beberapa minggu absen, cara dia bermain dan berkompetisi sangat luar biasa. Saya pikir kami memiliki beberapa penampilan individu yang hebat dalam tim," kata Arteta.

Arsenal saat ini berada di posisi ketiga klasemen Liga Inggris, tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen Manchester City.

The Gunners selanjutnya akan melawat ke markas Newcastle United pada pekan ke-10 Liga Inggris, Sabtu, 2 Oktober 2024.