Tips Memilih Pelembap yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

JAKARTA - Menjaga kelembapan kulit adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan diri. Kulit yang terhidrasi tidak hanya tampak lebih sehat dan bercahaya, tetapi juga lebih tahan terhadap berbagai masalah kulit.

Dengan banyaknya pilihan pelembap di pasaran, memilih yang tepat dapat menjadi tantangan. Ahli dermatologi menekankan pentingnya menjaga kulit agar tetap terhidrasi, yang dapat dicapai dengan pemilihan lotion atau body oil yang tepat.

"Kedua jenis produk ini memiliki manfaat dalam memberikan hidrasi, mengunci kelembapan, dan memasok bahan-bahan seperti ceramide dan asam lemak yang dibutuhkan oleh kulit," ungkap Dr. David Kim, seorang dokter kulit bersertifikat, seperti dikutip Instyle.

Menurut Dr. David, penggunaan body oil bagi mereka yang memiliki kulit kering, sementara lotion dan krim seperti losion lebih cocok untuk kulit normal.

Ada pun beberapa kelebihan jika memilih body oil sebagai pelembap kulit alami. Efek melembapkan kulit akan lebih efektif jika digunakan saat cuaca dingin atau sat kelembapan udara rendah. 

Tekstur body oil yang berbasis minyak ini cenderung lebih berat sehingga membuatnya cukup ideal dalam menjaga kelembapan kulit dalam jangka waktu lama serta melindungi kulit dari kehilangan cairan. 

Body oil juga memiliki konsistensi yang lebih kental, sehingga sangat cocok untuk kulit yang sangat kering.

Sebaliknya, losion lebih disukai di musim panas karena ringan dan tidak memberikan efek oklusif yang berlebihan. Banyak lotion mengandung bahan emolien, dan beberapa juga mengandung bahan oklusif seperti minyak.

"Menggunakan losion secara teratur dapat memperbaiki tekstur kulit. Losion yang baik dapat membantu mengatasi kulit yang kasar atau bersisik, menjadikannya lebih halus dan kenyal," jelas ahli kecantikan Erica Marie Gatt.

Bagi beberapa orang, cukup menggunakan salah satu produk, baik losion atau body oil, sudah memadai untuk memenuhi kebutuhan hidrasi. Namun, bagi yang memiliki kulit sangat kering atau dehidrasi, mungkin menggunakan keduanya bisa dijadikan pilihan.