Timnas Indonesia U-17 Melengkapi Kepingan Puzzle

JAKARTA – Timnas Indonesia U-17 berhasil melengkapi kepingan puzzle setelah mengunci tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025.

Garuda Muda lolos sebagai salah satu dari lima tim runner-up terbaik setelah bermain imbang tanpa gol melawan Australia U-17 di laga terakhir Grup G pada Minggu, 27 Oktober 2024 2024, malam WIB.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-17 mengikuti jejak tiga kategori Skuad Garuda sebelumnya, yakni senior, U-20, dan U-23. Dua kategori pertama akan tampil di Piala Asia U-20 2025 dan Piala Asia 2027, sementara U-23 sudah terlebih dahulu bermain tahun ini yang mana mencapai semifinalis.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan bahwa pencapaian bersejarah empat Timnas Indonesia berbagai kategori di putaran final Piala Asia ini membuktikan level sepak bola Indonesia semakin naik.

"Ini benar-benar catatan sejarah karena di semua kategori Timnas Indonesia bisa berlaga di babak utama Piala Asia. Saya apresiasi kerja keras seluruh pemain, tim pelatih, ofisial, dan pengurus," ujar dia.

Timnas Indonesia U-17 total memainkan tiga pertandingan selama babak kualifikasi dengan mengamankan dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Hasil itu membuat Garuda Muda mengumpulkan total tujuh poin. Jumlah tersebut sebenarnya sama dengan milik Australia yang finis sebagai juara grup.

Akan tetapi, kemenangan melawan Kepulauan Mariana Utara U-17 tidak dihitung dalam penentuan runner-up terbaik sehingga Indonesia U-17 secara sah hanya mendapat empat poin di klasemen tersebut.

Erick mengatakan bahwa keberhasilan Timnas Indonesia U-17 dan U-20 ini berkat tangan dingin pelatih Nova Arianto dan Indra Sjafri. Keduanya dianggap mampu membesut Garuda mengukir prestasi.

"Ada peningkatan kualitas pelatih kita. Ini yang memang saya harapkan, pelatih berpengalaman berbagi ilmu dengan pelatih muda," ujar Erick.

Sebelum Indonesia U-17, Timnas Indonesia senior sudah terlebih dahulu memastikan lolos ke Piala Asia 2027 yang akan berlangsung pada Januari 2027 di Arab Saudi.

Tiket itu didapat setelah Jay Idzes dan kawan-kawan melaju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan status runner-up Grup F di bawah Irak.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-20 mengunci tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2025 di China setelah menjadi juara Grup F dalam kualifikasi.

Saat itu, Timnas Indonesia U-20 bersaing dengan Yaman U-20, Timor Leste U-20, dan Maladewa U-20.

Tim asuhan Indra Sjafri mengumpulkan tujuh poin usai mampu menang atas Timor Leste dan Maladewa serta imbang 1-1 dengan Yaman.