KPU Jakarta Matangkan Keterlibatan Warga dalam Debat Ketiga Pilkada Jakarta

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jakarta menyebut akan kembali mengajak partisipasi masyarakat dalam debat ketiga Pilgub Jakarta 2024. Rencana itu muncul melihat hasil dari partisipasi masyarakat menyusun pertanyaan bagi pasangan calon (paslon) gubernur wakil gubernur, dalam debat kedua yang berlangsung Minggu malam di Beach City International Stadium (BCIS) Ancol.

Bentuk keterlibatan warga Jakarta disebut akan berbentuk testimoni yang disampaikan dalam ajang debat mendatang. Meski begitu, KPU Jakarta belum dapat mengungkap secara jelas testimoni seperti apa yang dimunculkan saat acara yang dijadwalkan pada November 2024 mendatang.

“Nanti rencananya kita juga akan ada sebuah perbedaan dengan sistem kita merumuskan pertanyaan. Di mana nanti akan ada mungkin testimoni langsung dari masyarakat, tapi formatnya seperti apa masih akan kami coba matangkan kembali,” kata Anggota KPU Jakarta Astri Megatari saat menemui awak media.

Sebelumnya, warga Jakarta juga sudah dilibatkan dalam penyusunan pertanyaan yang diajukan dalam debat kedua Pilgub Jakarta 2024. Caranya adalah dengan melakukan Forum Group Discussion (FGD) bersama panelis yang ditunjuk untuk tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial.

Upaya KPU memberi peran kepada warga Jakarta dalam debat paslon peserta Pilgub Jakarta 2024 disebut sebagai faktor pembeda. Apalagi, debat ketiga nanti merupakan forum terakhir bagi setiap paslon untuk menyampaikan gagasan serta program secara terbuka.

“Kami ingin menghadirkan debat ketiga nanti sebagai debat pamungkas, harapannya bagi masyarakat Jakarta seluruhnya bisa menjadi dasar bagi mereka untuk menentukan siapa yang akan dipilih pada hari pemungutan suara,” ujar Astrid.