Dua Kali Rano Karno Bertemu Geisz Chalifah, Sinyal Didukung Anies?

JAKARTA - Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 3 Rano Karno kembali bertemu loyalis Anies Baswedan, Geisz Chalifah jelang pelaksanaan debat kedua Pilgub Jakarta, Minggu, 27 Oktober.

Sebelumnya, Rano juga sempat menyambangi kediaman Geisz di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, pada 7 Oktober lalu. Hari ini, Rano dan Geisz bertemu di kawasan pantai Ancol, Jakarta Utara.

Lalu, apakah pertemuan ini menjadi tanda bahwa Pramono Anung dan Rano Karno merupakan sinyal adanya dukungan Anies terhadap pasangan calon yang diusung oleh PDIP dan Hanura tersebut?

Geisz tidak menjawab secara gamblang. Namun, Geisz mengaku pertemuannya dengan Rano sudah diketahui oleh Anies.

"Saya itu nggak mungkin melaksanakan sesuatu tanpa komunikasi dengan Pak Anies. Enggak mungkin," kata Geisz di Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 27 Oktober.

Hari ini, Geisz yang notabene mantan Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol mengajak Rano untuk mengecek proyek pembangunan masjid apung dan museum Rasulullah yang digagas era Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Anies meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking masjid apung pada November 2019 dan museum rasulullah pada Februari 2020. Saat pandemi COVID-19 melanda, pembangunan kedua bangunan ini sempat mandek.

Saat ini, progres pembangunan masjid apung baru dilakukan penancapan pondasi di pantai Ancol. Sementara, pada kawasan proyek museum Rasulullah, belum ada konstruksi yang dilakukan di atas lahan hasil reklamasi tersebut.

Oleh sebab itu, kepada Rano, Geisz meminta agar masjid apung dan museum Rasulullah didukung untuk percepatan penyelesaian pembangunannya.

"Bang Dul ini kan menyatakan bahwa akan melanjutkan program Pak Anies. Saya menitipkan harapan. Hari ini adalah salah satu langkah awal kita untuk program-program Pak Anies yang kemarin dilanjutkan," ucap Geisz.

Merespons hal itu, Rano berjanji akan mendukung pembangunan masjid apung dan museum Rasulullah jika memenangkan Pilgub Jakarta. Hal ini menjadi komitmennya bersama Pramono untuk melanjutkan berbagai program Gubernur Jakarta terdahulu.

"Saya sangat paham Bang Anies ini masih punya vision yang luar biasa untuk Jakarta. Makanya kemarin saya ngomong sama Bang Geis, Bang Insya Allah lah kalau kita ini pasti kita lanjutin. Artinya ini salah satu buktilah bahwa kami serius akan melanjutkan semua program Bang Anies yang memang sangat pantas untuk dilanjutkan," urai Rano.

Lagipula, menurutnya, masjid apung dan museum Rasulullah ini akan menjadi destinasi wisata baru di Jakarta yang menarik perhatian masyarakat. "Selain di sini tempat rekreasi, juga bisa beribadah, itu menarik sebagai sebuah tempat publik, ya," imbuhnya.