Rayakan Hari Jadi Ke-25, Begini Asal Mula Terbentuknya KKP

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada hari ini merayakan hari jadinya ke-25. Dikutip dari unggahan video di akun Instagram resmi @kkpgoid, Sabtu, 26 Oktober 2024, lembaga pemerintah ini telah dibentuk di zaman kepemimpinan Presiden Abdurahman Wahid alias Gus Dur.

"KKP dibentuk pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 355/M Tahun 1999," jelas KKP.

Kala itu, lembaga pemerintah ini masih bernama Kementerian Eksplorasi Laut yang dipimpin oleh Sarwono Kusumaatmadja. Berdasarkan penjelasan KKP, sejak era Reformasi hingga Orde Baru, orientasi pembangunan di Indonesia masih terkonsentrasi pada wilayah daratan.

"Jadi, sejak era Reformasi sampai Orde Baru orientasi pembangunan di Indonesia masih terkonsentrasi pada wilayah daratan. Nah, sektor kelautan ini hampir enggak kesentuh sama sekali," terangnya.

Padahal, potensi sumber sumber daya kelautan perikanan Indonesia melimpah ruah sekali. Karena itu, Presiden Gus Dur yang menjabat kala itu membentuk Departemen Eksplorasi Laut atau disingkat DEL.

"Kemudian, ada penggantian nomenklatur dengan mengubah Departemen Eksplorasi Laut jadi Departemen Eksplorasi Laut dan Perikanan atau DELP," tambah KKP.

Lalu, terang KKP, ada penggantian nomenklatur dengan mengubah Departemen Eksplorasi Laut menjadi Departemen Eksplorasi Laut dan Perikanan atau DELP.

"Dari DELP ini, ada perubahan lagi, nih, menjadi DKP alias Departemen Kelautan dan Perikanan," sebutnya.

Lantas, kapan namanya berubah menjadi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)?

Diketahui, nama KKP akhirnya dicetuskan pada 2009, yakni lewat perubahan nomenklatur sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2009 tentang Pembentukan Organisasi dan Kementerian Negara.

Dengan nama baru ini, KKP dituntut untuk mampu mengembangkan sektor kelautan dan perikanan sebagai sektor andalan yang bisa mengantarkan Indonesia lepas dari krisis ekonomi berkepanjangan.

"Nah, hari ini KKP sudah 25 tahun berdiri, nih. Dipimpin (Menteri) Sakti Wahyu Trenggono dan Wakil Menteri Didit Herdiawan Ashaf, KKP siap membentangkan layar untuk melaju mengedepankan sektor kelautan dan perikanan Indonesia," ungkap KKP.

"Sekali lagi selamat ulang tahun untuk KKP, ekonomi biru untuk Indonesia maju," pungkasnya.