Apple Akan Rilis Seri Mac M4 Terbaru pada 28 Oktober

JAKARTA – Apple akhirnya mengonfirmasi jadwal peluncuran model Mac terbarunya. Disampaikan langsung oleh VP Marketing, Greg Joswiak, Mac dengan chipset M4 ini akan dipamerkan pada Senin, 28 Oktober.

Belum ada rincian yang lebih detail mengenai peluncuran Mac tahun ini. Situs resmi Apple juga belum menampilkan informasi apa pun terkait komputer berbasis macOS ini. Kemungkinan besar, peluncurannya hanya berupa video perkenalan perangkat. 

Sebelum perangkatnya diluncurkan, rumor mengenai Mac M4 sudah lama beredar di internet. Sebagaimana dikutip dari 9to5mac, Apple diperkirakan akan merilis iMac, MacBook Pro, dan Mac Mini. 

Kabarnya, keempat perangkat ini akan menggunakan model chipset yang sama. Pada MacBook Pro terbaru, perangkat ini akan memiliki RAM 14GB dengan tiga port Thunderbolt 4. Perangkat ini akan hadir dalam dua ukuran, yaitu 14 inci dan 16 inci. 

Sementara itu, iMac tahun ini akan hadir dalam ukuran 24inci. iMac terakhir yang Apple luncurkan menggunakan chipset M3. Ini merupakan kabar yang bagus karena Apple pernah melewatkan satu chipset dalam peluncuran iMac buatannya. 

Mac Mini juga akan mendapatkan banyak peningkatan, mulai dari desain, port, hingga chipset yang digunakan. Menurut kabar yang beredar, Mac Mini M4 akan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Mac Mini generasi sebelumnya. 

Perangkat ini diyakini akan rilis dalam dua versi, yaitu M4 standar dan M4 Pro. Mac Mini versi terbaru akan mendapatkan memori terpadu yang lebih besar dan kinerja grafis yang lebih baik. Jika kabar yang beredar benar, perangkat ini akan menggunakan RAM 16GB.