5 Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis bila Diminum Secara Rutin

JAKARTA - Jeruk nipis adalah buah jeruk kecil berwarna hijau yang tumbuh di daerah beriklim hangat. Buah ini biasanya memberikan rasa asam segar. Meski begitu, jeruk nipis memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jeruk nipis ini juga mengandung banyak manfaat yang menyehatkan. Berikut manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir VOI dari laman Health pada Jumat, 25 Oktober 2024.

1. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal terjadi karena kepekatan urine di dalam ginjal. Kepekatan ini memungkinkan mineral untuk mengkristal dan saling menempel, yang pada akhirnya membentuk batu ginjal.

Jeruk nipis mengandung sitrat, suatu zat yang secara alami menghambat pembentukan batu ginjal. Lalu, kandungan di dalam jeruk nipis dapat membantu melepaskan kalsium yang dikeluarkan lewat urin. Sehingga, kecil kemungkinan Anda terkena batu ginjal.

2. Melindungi tubuh dari infeksi bakteri

Jeruk nipis mengandung senyawa bioaktif yang memberikan manfaat antiradang, antioksidan, dan antikanker. Penelitian membuktikan bahwa buah ini dan flavonoidnya memiliki efek perlindungan terhadap bakteri H. pylori dan risiko terkaitnya.

Infeksi H. pylori dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu, seperti gastritis dan kanker lambung. Sebuah studi menunjukkan bahwa jeruk nipis dan ekstrak jeruk lainnya mengurangi kemampuan H. pylori untuk bertahan hidup.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Seperti buah jeruk lainnya, jeruk nipis mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini termasuk vitamin C dan folat, yang bermanfaat untuk lapisan pelindung usus.

Vitamin C mengatur sistem kekebalan tubuh dalam berbagai cara. Ia bekerja sebagai antioksidan untuk menangkis radikal bebas. Vitamin C juga membantu dengan mengatur gen dan memberikan stabilitaskolagen, yang penting untuk lapisan pelindung usus.

Di dalam jeruk nipis terdapat folat, vitamin yang mengatur sel T di lapisan usus. Sel T mencegah respons imun yang berlebihan, seperti meningkatkan peradangan dan reaksi alergi. Dengan demikian, folat membantu menekan respon imun yang terlalu aktif.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang baik, yang mendukung kesehatan jantung dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Oksida nitrat penting untuk vasodilatasi (pembukaan pembuluh darah) dan regulasi tekanan darah.

Selain itu, jeruk nipis mengandung berbagai flavonoid, yang juga dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Misalnya, hesperidin adalah flavonoid yang sangat terkonsentrasi pada jeruk yang memiliki efek kardioprotektif, seperti menurunkan tekanan darah meningkatkan gula darah dan lipid darah, serta mengurangi risiko pembekuan darah.

5. Membantu penyerapan zat besi

Vitamin C adalah kunci untuk meningkatkan penyerapan zat besi, yang sangat penting untuk energi, kekebalan, dan kondisi tubuh sehat. Itu karena tubuh membutuhkan zat besi yang cukup untuk mengangkut oksigen ke aliran darah. Jeruk nipis terdapat vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.