Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya memiliki rasa menyegarkan dan aroma yang kuat, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk kesehatan kulit.

Jeruk nipis menjadi bahan yang baik untuk perawatan kulit karena mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C tersebut merupakan antioksidan kuat yang larut dalam air, yang dapat bertindak sebagai kofaktor dalam sintesis kolagen.

Kolagen meningkatkan kekenyalan kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus serta kerutan. Kulit awet muda dan padat dapat dipertahankan dengan bantuan peningkatan kolagen alami dari jeruk nipis ini.

Dengan kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Sifat antioksidan vitamin C jeruk nipis juga dapat memberi perlindungan dari dalam tubuh untuk kulit dari potensi bahaya sinar ultaviolet.

Rutin mengonsumsi jeruk nipis juga bermanfaat mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Ini akan membuat Anda tampak lebih muda dan segar.

Jeruk nipis juga memiliki kualitas pelembab yang membantu kulit mempertahankan kelembapannya. Ini juga membantu kulit agar tidak kering dan terhidrasi dengan baik.

Meski demikian, ada beberapa cara mengonsumsi dan menggunakan jeruk nipis untuk kesehatan kulit dengan benar. Mengoleskan air jeruk nipis mentah secara langsung ke kulit terkadang dapat menyebabkan iritasi.

Oleh karena itu, lebih baik memasukkan jeruk nipis ke dalam makanan atau minuman Anda. Cara sederhana untuk melakukannya adalah iris jeruk nipis menjadi dua atau tiga bagian, lalu masukkan ke dalam air minum.

Anda juga bisa menambahkan daun mint sebagai pelengkap minuman. Perlu diketahui, dengan rutin meminum air jeruk nipis tidak hanya membantu meremajakan kulit Anda, tetapi juga bermanfaat bagi tubuh Anda secara keseluruhan.