Maria Sharapova dan Bryan Bersaudara Terpilih untuk Tennis Hall of Fame

JAKARTA - Lima kali juara Grand Slam dan mantan petenis nomor 1 dunia, Maria Sharapova, beserta Bob dan Mike Bryan, ganda putra tenis tersukses sepanjang sejarah, dinobatkan menjadi anggota International Tennis Hall of Fame 2025 pada Kamis, 24 Oktober 2024, waktu setempat.

Mereka akan dilantik pada 23 Agustus 205 di Hall of Fame di Newport, Rhode Island, setelah perayaan selama tiga hari dan berbagai kegiatan terkait.

Dalam sebuah pernyataan, Kim Clijsters, Presiden Hall dan anggota kelas Hall of Fame 2017, memuji ketiganya atas karier dan prestasi mereka.

"Di luar setiap prestasi bersejarah mereka di lapangan, Kelas 2025 telah memberikan dampak yang sangat besar pada permainan tenis dan telah menginspirasi banyak generasi penggemar di seluruh dunia."

"Kami berharap dapat merayakan mereka di Newport tahun depan," kata Clijsters seperti dilansir ESPN.

Sharapova yang kini berusia 37 tahun adalah satu dari 10 wanita yang meraih Grand Slam sepanjang kariernya.

Dia merupakan salah satu pemain yang paling dikenal dalam tur selama sebagian besar kariernya.

Sharapova adalah atlet wanita dengan bayaran tertinggi di dunia versi Forbes selama 11 tahun berturut-turut karena penghasilannya di lapangan dan berbagai kesepakatan sponsor.

Juara Roland Garros dua kali itu menulis di akun X pribadinya bahwa ia sangat bersyukur menjadi anggota Hall of Fame dan berterima kasih kepada para penggemarnya.

Reputasi dan daya jual Sharapova menurun setelah pengumuman kegagalan tes zat terlarang pada 2016.

Dia diskors dari olahraga tersebut selama 15 bulan. Ia kembali berkompetisi pada April 2017 dan memenangi gelar terakhirnya di Tianjin Open pada Oktober. Ia kemudian pensiun pada Februari 2020.

Total, ia memenangi 36 gelar dan mengklaim medali perak Olimpiade saat mewakili Rusia pada 2012 (London).

Sharapova memegang peringkat teratas dunia pada lima kesempatan terpisah selama 21 minggu. Ia berada di peringkat lima teratas selama 408 minggu.

Sementara itu, saudara kembar identik dan penduduk asli California, Bob dan Mike Bryan, yang kini berusia 46 tahun, memenangi 16 gelar utama, empat Final ATP, dan 119 gelar keseluruhan bersama-sama.

Bryan bersaudara memegang peringkat ganda nomor 1 dunia selama 438 minggu, termasuk 139 minggu berturut-turut dari Februari 2013 hingga Oktober 2015.

Mereka memegang peringkat teratas akhir tahun 10 kali, memperoleh medali emas ganda Olimpiade pada 2012 di London dan perunggu pada 2008 di Beijing.

Bryan bersaudara juga membantu memimpin tim Amerika Serikat meraih kemenangan Piala Davis pada 2007.

Mike, yang lebih tua dua menit dari Bob, memenangi dua gelar ganda Grand Slam tambahan dan Final ATP akhir tahun bersama Jack Sock pada 2018 ketika Bob absen karena cedera.

Pencapaian itu menempatkan Mike di puncak daftar gelar terbanyak sepanjang masa. Kedua bersaudara itu memperoleh beberapa trofi ganda campuran.

Bob punya tujuh trofi dan Mike dengan empat gelar sepanjang karier mereka selama 22 tahun. Mereka pensiun bersama pada Agustus 2020.

Dalam wawancara minggu ini dengan ESPN, Bob mengatakan mereka tercengang ketika seseorang memberi tahu mereka bahwa akan masuk dalam Hall of Fame.

"Itu sama sekali bukan tujuan kami. Hal itu hampir mustahil bagi anak muda untuk memikirkan hal itu."

"Kami selalu mencintai apa yang kami lakukan. Saya pikir itulah yang mendorong kami ke titik ini."

"Hal itu memungkinkan kami bermain tenis begitu lama. Itu tidak pernah benar-benar pekerjaan atau pengorbanan bagi kami."

"Ini adalah perasaan yang sangat istimewa karena semua idola kami dan begitu banyak legenda permainan ini ada di sana."

"Untuk dimasukkan ke dalam rumah yang menaungi nama-nama itu adalah hal yang luar biasa bagi kami," kata Bob.

Mike memberi tahu ESPN bahwa orang-orang mulai menyebutkan kepada mereka kemungkinan keduanya akhirnya menjadi Hall of Fame setelah mereka memecahkan rekor Todd Woodbridge dan Mark Woodforde untuk gelar terbanyak bersama (61).

Namun, hal itu bukanlah sesuatu yang menjadi fokus mereka selama karier mereka.

"Kami menganggap rekor The Woodies seperti mendaki Gunung Everest. Itu merupakan tonggak sejarah."

"Namun, kami masih mengabaikannya ketika orang-orang berkata, 'Oh suatu hari nanti Anda mungkin berada di Newport,'" kata Mike.

"Meski begitu, kami meletakkan semua rencana dan benar-benar memiliki kesempatan untuk melihat kembali semua hasil kerja kami."

"Kami pikir itu akan menjadi kenyataan ketika pemungutan suara dilakukan dalam lima tahun. Kemudian, hal itu terlintas di benak kami," ujar Mike lagi.

Keduanya sangat gembira saat mengetahui bahwa mereka telah dinominasikan pada Agustus 2024.

Awal bulan ini, saat Mike dan keluarganya tinggal bersama Bob beserta keluarganya di Florida Selatan setelah mengungsi dari rumah mereka di daerah Tampa Bay saat Badai Milton melanda, kedua bersaudara itu menerima pesan teks yang menanyakan apakah mereka dapat menghadiri panggilan Zoom di hari yang sama.

Duduk berdampingan di kantor Bob, mereka tahu itu adalah kabar baik begitu melihat wajah Clijsters yang tersenyum di layar.

Clijsters memberi tahu bahwa mereka secara resmi menjadi bagian dari kelas Hall of Fame 2025, bersama Sharapova, seseorang yang telah mereka kenal sejak pertama kali ia mengikuti tur.

"Ia telah melakukan hal-hal hebat untuk olahraga ini. Hal-hal hebat di luar lapangan, jadi berada di kelas ini bersamanya adalah hal yang istimewa," kata Mike.

Bob mengatakan bahwa mereka ingin menghabiskan waktu bersama Sharapova selama acara-acara persiapan dan mengadakan acara formal untuk berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu mereka selama ini.

"Kami pensiun selama pandemi. Kami tidak pernah benar-benar memiliki kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang berperan besar dalam karier kami," kata Bob.

"Kami hanya berlayar menuju matahari terbenam dan tidak pernah mengakhiri seluruh perjalanan. Jadi, kami akan mencoba untuk mengumpulkan sebanyak mungkin orang dan memberi tahu mereka betapa kami menghargai dan bahwa ini adalah momen mereka juga," ujar Bob.