Kini Tak Diperkuat Yovie Widianto, Yovie & Nuno Comeback dengan 'Yang Baru'

JAKARTA - Yovie & Nuno cukup lama tak terdengar kabarnya melewati masa emasnya beberapa tahun silam. Tahun 2022 lalu sempat merilis lagu 'Misal', di tahun 2024, band beranggotakan Ady Julian (keyboard), Adhyra Yudhi (vokal), Chico Andreas (vokal), Muchamad Ahadiyat atau Kang Diat (gitar) ini siap untuk kembali menyapa penggemarnya lewat single “Yang Baru”.

Meski tak lagi diperkuat Yovie Widianto, ia bersama Arsy terlibat dalam penulisan lirik. Sementara aransemen musiknya dikerjakan oleh seluruh anggota Yovie & Nuno.

“Kami masih mengusung tema cinta untuk single baru ini, menceritakan tentang orang yang sudah menyimpan rasa sejak lama. Suatu saat, dia tahu kalau hubungan asmara orang yang disukainya ternyata sedang bermasalah. Dia pun memutuskan mendekati lagi pujaan hatinya ini,” ungkap Kang Diat dalam siaran tertulis.

Dirilis hari ini, 25 Oktober, pengerjaan “Yang Baru” ternyata sudah dilakukan cukup lama karena bersamaan dengan rekaman “Misal” di akhir 2022.

“Proses rekaman “Yang Baru” cukup cepat, mungkin sekitar seminggu. Pengambilan vokalnya sendiri hanya berlangsung sehari, sementara mengisi bagian-bagian lain, misalnya string, yang cukup memakan waktu. Kenapa kemudian baru dirilis di Oktober 2024 ini? Karena kami mencari momen yang pas. Sebenarnya, ada rencana untuk dikeluarkan tahun lalu, namun setelah berbagai pertimbangan akhirnya diundur dan siap rilis Oktober ini,” jelas Ady.

Jarak perilisan yang cukup jauh dengan “Misal” membuat “Yang Baru” menawarkan sesuatu yang berbeda bagi para pencinta musik Indonesia, khususnya penggemar Yovie & Nuno.

“Kalau “Misal” lebih menunjukkan karakter vokal Adira dan Chico, lagu baru ini akan kembali membawa kalian ke era Yovie & Nuno yang dulu. Gitar dan aransemennya juga berbeda dari lagu-lagu kami sebelumnya. Kalau didengarkan sekilas, masih akan terasa ciri khas Yovie & Nuno. Tapi, setelah didengarkan cukup lama, maka akan terasa perbedaannya,” tutur Kang Diat.

Jika sebelumnya lagu-lagu Yovie & Nuno menghadirkan irama yang slow dengan nuansa mellow, “Yang Baru” mengajak pendengarnya untuk optimis dan bersemangat dengan irama upbeat. Namun, melodi ringan tersebut rupanya menyimpan pesan mendalam.

“Jangan lupa untuk mencari orang yang baru dan jangan pernah terikat dengan masa lalu.” Senada dengan Ady, Adhyra pun juga menyampaikan pesan bagi para pendengarnya, terutama mereka yang sedang berada dalam situasi ini. “Untuk teman-teman yang mendengarkan dan pernah, atau sedang berada, di situasi yang mirip seperti lagu ini: percayalah, kesempatan itu selalu ada,” jelas Aldy.

Para personel berharap lagu ini bisa menjadi berkah bagi formasi Yovie & Nuno yang sekarang. Dengan warna dan karakter yang baru, penggemar akan merasakan kesegaran tersendiri, dengan sentuhan lirik dari Yovie dan Arsy Widianto.