Honor Umumkan MagicOS 9.0, Pembaruan Android 15 yang Dipenuhi AI

JAKARTA - Honor telah memperkenalkan MagicOS 9.0, yang berbasis pada Android 15, dengan fokus besar pada kecerdasan buatan (AI). Pembaruan ini menghadirkan peningkatan signifikan pada asisten suara perusahaan, yang kini berperan sebagai LAM (Large Action Model).

Sejalan dengan tren yang diikuti oleh perusahaan lain seperti Google, Honor bertransformasi dengan mengubah cara kerja “Yoyo,” asisten suara yang digunakan di China. Dalam pengumuman MagicOS 9.0, Honor menjelaskan bahwa Yoyo telah sepenuhnya ditingkatkan. Sekarang, asisten ini dapat mengeksekusi perintah, seperti memesan kopi atau melakukan tugas lainnya.

Yoyo mampu memahami kebutuhan pengguna dengan akurat, memecah langkah-langkah tugas, serta secara mandiri mengoperasikan dan mengambil berbagai sumber daya serta layanan pihak ketiga di ponsel. Semua ini dilakukan dengan mempertimbangkan kebiasaan dan skenario penggunaan pengguna.

Langkah ini mirip dengan cara perusahaan seperti Motorola mengadopsi AI, tetapi tampaknya Honor lebih maju dalam peluncuran nyata. Model AI baru ini dikenal dengan nama “LAM,” yang diciptakan oleh Rabbit saat peluncuran perangkat R1-nya. Alih-alih hanya mengeluarkan kata-kata, model AI ini dapat mengeksekusi perintah secara langsung.

Di acara Snapdragon Summit, di mana Honor juga memperkenalkan Magic 7 Pro, perusahaan mengungkap lebih banyak tentang fitur “Autopilot” yang baru. Seri HONOR Magic7 akan memperkenalkan agen AI pertama di industri yang beroperasi secara on-device untuk ekosistem terbuka.

Dari sekadar teks atau perintah suara, agen AI ini dapat memesan makanan atas nama pengguna. Dengan izin, agen ini dapat belajar dari kebiasaan pengguna untuk membuat keputusan cerdas, seperti memahami bahwa pengguna lebih suka kopi dengan susu kelapa dan memesan sesuai preferensi tersebut.

Meskipun fitur ini terdengar menjanjikan, masih perlu dilihat bagaimana semuanya akan berfungsi dengan aplikasi Android pihak ketiga, terutama di luar China.

Selain itu, pembaruan MagicOS 9.0 juga membawa peningkatan pada Magic Portal dan Magic Capsule untuk perangkat Honor. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyorot dan mengakses teks dengan mudah, serta memahami gambar. Magic Portal kini mengalami peningkatan integrasi layanan sebesar 255% dibandingkan dengan MagicOS 8.0.

MagicOS 9.0 juga menekankan pencegahan deepfake dengan fitur deteksi baru, yang berguna untuk mendeteksi penipuan saat aktor jahat yang didukung AI semakin meningkat.

MagicOS 9.0 diluncurkan hari ini di China dan akan diperluas secara global dalam beberapa bulan mendatang.