Banyak Dialog Bahasa Jawa, Marthino Lio Dipandu Pritt Timothy di Film Dosa Musyrik

JAKARTA - Marthino Lio berperan sebagai Nugie di film Dosa Musyrik. Nugie diceritakan sebagai seorang pemuda yang terlilit hutang karena harus membiayai keluarganya.

Namun, karena hutang itu, Nugie pun terjerat dosa musyrik. Awalnya, Nugie (Marthino Lio) hutang untuk menyembuhkan ibunya. Terdesak oleh hutang hingga putus asa, Nugie terpaksa membawa ibunya yang sakit parah ke dukun sakti, Mbah Narto.

Melihat harta Mbah Narto, Nugie pun tergoda untuk mendapatkannya dengan mencuri. Tapi malang, yang ia dapat bukan uang, melainkan keris keramat sang dukun. Sejak itu, Nugie harus menghadapi teror Ni Larapati

Film ini banyak menggunakan dialog bahasa Jawa mulai dari mantra hingga percakapan. Beruntung, Marthino Lio dipandu Pritt Timothy yang berperan sebagai Mbah Narto.

"Kita tuh syutingnya di Jogja. Om Pritt Timothy sangat membantu dalam menghafal dan memahami dialog berbahasa Jawa," kata Marthino Lio ditemui di Jaksel, Kamis, 24 Oktober.

Selain itu, beberapa pemain yang asli Jogja juga membuat suasana syuting sangat kental dengan budaya Jawa. "Jadi nggak masalah, kompak banget pas syuting," tegasnya.