UEFA Geser Tuan Rumah Final Liga Champions 2027 ke Madrid atau Baku Gantikan Milan

JAKARTA - UEFA telah mengonfirmasi bahwa Madrid atau Baku akan menjadi tuan rumah final Liga Champions 2027.

Ibu Kota Spanyol dan Azerbaijan itu menggantikan Milan yang dicoret sementara dari daftar tuan rumah final Liga Champions pada bulan lalu.

Alasannya, Milan gagal memberikan jaminan bahwa San Siro, kandang AC Milan dan Inter Milan, akan berada dalam kondisi layak untuk menggelar pertandingan.

Soalnya, Milan berencana memugar besar-besaran San Siro. Hanya saja, mereka belum bisa memastikan kapam pekerjaan rekonstruksi itu rampung.

Alhasil, UEFA membuka kembali proses penawaran untuk hak menyediakan tempat pertandingan final turnamen terbesar di sepak bola Eropa tersebut.

Dua kota, Madrid dan Baku, kini telah mengajukan permohonan kepada UEFA untuk menjadi tuan rumah final Liga Champions 2027.

Estadio Metropolitano Madrid, kandang Atletico Madrid, telah diajukan oleh Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) sebagai tempat potensial.

Metropolitano sebelumnya telah menggelar satu final Liga Champions pada 2019. Saat itu, Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur untuk memenangi trofi Si Kuping Lebar tersebut untuk keenam kalinya.

Stadion Bernabeu milik Real Madrid juga telah menggelar final Piala Eropa atau Liga Champions sebanyak empat kali. Pergelaran terakhir terjadi pada 2010.

Azerbaijan belum pernah menggelar final Liga Champions dan akan menjadi tempat penyelenggaraan paling timur dalam sejarah turnamen tersebut.

Stadion Olimpiade Baku, yang diajukan Azerbaijan untuk final Liga Champions 2027, menggelar pertandingan Euro 2020 dan menjadi tuan rumah final Liga Europa 2019 saat Chelsea mengalahkan Arsenal.

UEFA akan mengumumkan tempat penyelenggaraan yang telah dikonfirmasi pada Mei 2025. Allianz Arena di Munchen (2025) dan Puskas Arena di Budapest (2026) telah dikonfirmasi sebagai stadion tuan rumah untuk dua final Liga Champions berikutnya.

Sementara itu, Stadion Nasional Warsawa, Camp Nou di Barcelona, ​​St. Jakob Park di Basel, Swiss, dan Stadion Principality di Cardiff semuanya telah mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah final Liga Champions Wanita 2027.