Begini Cara Mengatur Perekaman Video 4K/120FPS di iPhone 16 Pro

JAKARTA – Apple berusaha menghadirkan berbagai fitur unggulan di seluruh model iPhone Pro, tak terkecuali iPhone 16 Pro. Salah satu fitur yang Apple tonjolkan di ponsel mahal buatannya adalah resolusi video. 

Selama beberapa tahun terakhir, Apple terus memperbaiki kemampuan kameranya dalam merekam video. Untuk mendapatkan hasil rekaman terbaik, perusahaan itu menambahkan perekaman dengan resolusi 4K dan stabilitas 120FPS.

Meski kemampuan ini sudah dihadirkan ke dalam fitur kamera, iPhone 16 Pro akan menggunakan kecepatan 60FPS secara default. Untuk beralih ke kecepatan 120FPS, pengguna harus mengubah pengaturannya terlebih dahulu. 

Ubah Resolusi Video ke 4K/120FPS

Sebelum mengubah resolusi dan dukungan kecepatannya, perlu diketahui bahwa frame rate per seconds (FPS) merupakan ukuran kecepatan gambar dalam satu detik. Sederhananya, FPS dibutuhkan untuk mengatur banyaknya frame yang dapat terputar setiap detik.

Semakin tinggi FPS yang digunakan, perekaman video akan semakin mulus dibandingkan dengan ukuran kecepatan yang lebih rendah. FPS juga akan memengaruhi kualitas visual jika resolusi yang digunakan pun semakin tinggi, seperti 4K.

Untuk mengubah pengaturan kamera menjadi 4K/120FPS di iPhone 16 Pro, berikut ini tahapan yang bisa Anda lakukan, dilansir dari Makeuseof

  1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.
  2. Gulir layar ke bawah untuk mencari menu Kamera.
  3. Ketuk menunya dan pilih opsi Rekam Video.
  4. Pada opsi resolusi, pilih 4K pada 120FPS.