LeBron James Ukir Sejarah Main Bareng Anak di Laga NBA

JAKARTA – LeBron James membuat sejarah menjadi pebasket pertama dalam sejarah National Basketball Association (NBA) yang bermain bareng sang anak, Bronny James, dalam satu pertandingan.

Ayah-anak yang sama-sama membela Los Angeles Lakers tersebut bermain bersama saat tim mereka menang atas Minnesota Timberwolves 110-103 di laga pertama NBA 2024/2025 pada Rabu, 23 Oktober 2024.

LeBron, yang menghabiskan sebagian besarnya hidupnya di basket sehingga minim berbagi waktu dengan keluarga, mengaku senang mendapat kesempatan ini.

"Itu adalah salah satu hadiah terbesar yang pernah saya dapatkan dari Tuhan. Saya akan memanfaatkannya sebaik-baiknya," ujar LeBron seperti dikutip BBC Sport.

Dalam duel tersebut, LeBron James turun sebagai starter dan sudah bermain selama 13 menit sebelum digantikan. Dia kemudian masuk ke lapangan lagi bareng sang anak saat kuarter kedua tersisa empat menit.

Aksi dari Lebron dan anaknya ini disaksikan dari tepi lapangan oleh Ken Griffey Sr. dan Ken Griffey Jr., yang mengukir sejarah Major League Baseball saat bermain untuk Seattle Mariners sebagai ayah dan anak pada 1990-1991.

"Saya sangat bersyukur atas segalanya. Saya diberi kesempatan luar biasa untuk masuk ke liga ini dan menjadi lebih baik setiap hari serta belajar setiap hari," ujar Bronny.

Bronny bergabung LA Lakers sebagai pilihan putaran kedua dari University of Southern California pada Juni 2024.

Adapun LeBron, yang berusia 39 tahun, adalah pencetak poin terbanyak sepanjang masa NBA. Selama berkarier di liga basket paling bergengsi ini dia tercatat empat kali juara.

Pemain veteran tersebut kini memasuki musimnya yang ke-22 di NBA dan belum mengatakan kapan ia berencana mengakhiri kariernya.

Dia menandatangani kontrak baru berdurasi dua tahun dengan LA Lakers setelah kedatangan Bronny.

LeBron berhasil mengumpulkan delapan poin dan tiga rebound dalam 17 menit pertandingan sebelum jeda. Ia kemudian mengakhiri pertandingan dengan 16 poin dalam 35 menit penampilan.

Sementara itu, Anthony Davis mendominasi dengan 36 poin dan 16 rebound, diikuti Rui Hachimura menambahkan 18 poin untuk Lakers, dan Austin Reaves memperoleh 12 poin.