Raisa Berkolaborasi dengan Lafa Pratomo Melepas Single Si Paling Mahir

JAKARTA - Raisa membagikan kabar gembira menuju penghujung 2024. Ia mempersembahkan single anyar berjudul "Si Paling Mahir" yang rilis hari ini, 23 Oktober.

Lagu ini menjadi kolaborasi perdana Raisa dengan Lafa Pratomo, gitaris dan produser musik yang tahun ini merayakan 10 tahun berkarya. Lafa dikenal lewat karya-karyanya bersama dengan Danilla, Sal Priadi sampai Bernadya.

Ide awal Si Paling Mahir datang dari Raisa Andriana, yang kemudian digarap bersama Lafa Pratomo dan Haris Pranowo. Liriknya jadi gambaran mendalam tentang perjuangan seseorang dalam menopang beban hidup yang kompleks. Bukan hanya tentang patah hati menjadi tulang punggung hubungan antara insan, lagu ini menyoroti berbagai tantangan yang seringkali kita hadapi dalam keluarga, pekerjaan, dan aspek kehidupan lainnya.

Raisa ingin mendedikasikan lagu ini untuk mereka yang menjalankan berbagai peran, yang seringkali berjuang dalam silent battle atau pertempuran dalam diam. Takut menjadi beban atau terlihat lemah, mereka kerap menyembunyikan perasaan mereka di balik penampilan yang kuat.

“Melalui lagu ini aku ingin memberikan ruang bagi mereka yang merasa sendirian dalam perjuangannya. Lagu ini adalah sebuah pengakuan bahwa menjadi kuat itu tidak berarti harus selalu terlihat sempurna. Kita semua berhak merasa lelah dan selalu butuh dukungan," ujar Raisa dalam siaran tertulis yang diterima VOI.

"Kami ingin melahirkan lagu yang tidak hanya enak didengar, tetapi juga menyentuh hati. Lagu ini adalah bentuk penghargaan untuk semua orang yang telah berjuang tanpa kenal lelah," timpal Lafa.

Si Paling Mahir memiliki pesan mendalam tentang kekuatan dalam kerentanan. Lagu ini mengajak pendengar untuk saling mendukung dan mengingatkan bahwa berbagi perasaan adalah bentuk kekuatan yang sejati.

“Pertemuan Lafa dan Raisa terjadi pada sesi workshop yang kami lakukan tengah tahun ini. Sengaja saya dan Raisa ingin mencari nama-nama baru yang belum pernah bekerjasama. Saya utamanya menantang lagi Raisa keluar dari zona nyamannya, bekerja dengan produser baru.

Hasilnya saya sangat puas. Ternyata kerja Raisa dan Lafa sangat padu. Single ini adalah pembuka, harapannya kedepannya kerjasama Raisa dan Lafa bisa berlanjut dengan lagu-lagu lain,” bilang Adryanto Pratono CEO JUNI Records.

Lyric Video Si Paling Mahir digarap oleh Ikshan Rekayasa dari JUNI Records, dengan angle-angle yang memperkuat pesan dari lirik lagunya, sudah dapat ditonton di kanal YouTube raisa6690.