DPR Mulai Rapat dengan Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo Pekan Depan

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan alat kelengkapan dewan (AKD) baru efektif menggelar rapat-rapat dengan para menteri dan pimpinan lembaga Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo Subianto pada pekan depan.

Alasannya, 13 komisi dan tujuh badan di DPR akan melakukan rapat internal setelah penetapan pimpinan dan anggota di masing-masing komisi pada rapat paripurna hari ini.

"Ya kan setelah penetapan di komisi juga setelah pengumuman di kabinet itu harus ada mekanisme internal di DPR ini, di komisi-komisi. Jadi kemungkinan baru akan ada rapat-rapat minggu depan," ujarnya di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 22 Oktober.

Puan juga memastikan, semua pimpinan komisi dan badan sudah ditetapkan dalam rapat paripurna. Nama-nama berasal dari delapan fraksi di DPR yang disepakati secara musyawarah dalam rapat konsultasi antara pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi sebelumnya.

"Menetapkan pimpinan-pimpinan komisinya dari setiap fraksi yang sudah ditetapkan secara musyawarah dengan mufakat dan disetujui dalam rapat konsultasi, rapat pimpinan, dan rapat konsultasi sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR," tuturnya.

Puan juga optimistis AKD DPR akan bekerja optimal setelah ada penambahan dua komisi, yaitu XII dan XIII serta Badan Aspirasi Masyarakat (BAM). Menurut dia, semua komisi DPR dan badan akan bersinergi positif dengan mitra kerja dari pemerintahan Prabowo Subianto untuk memajukan Indonesia.

"Kita akan bekerja sebaik-baiknya bersama-sama dengan eksekutif untuk bangsa dan negara," pungkas Puan.

Diketahui, DPR telah menetapkan mitra kerja serta pimpinan 20 alat kelengkapan dewan (AKD) dalam rapat paripurna di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Rapat paripurna tersebut langsung dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani.