Menlu AS Bertemu PM Israel Netanyahu

JAKARTA - Pertemuan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berlangsung lebih dari dua jam dalam kelompok kecil.

Pertemuan dimulai tepat setelah tengah hari waktu setempat, Selasa, 22 Oktober.

Keduanya kini berada dalam pertemuan bilateral yang diperluas, yang sedang berlangsung, menurut Departemen Luar Negeri AS dilansir CNN.

Menlu AS Blinken tiba pada saat yang kritis ketika Israel merencanakan pembalasan terhadap serangan rudal Iran dan ketika perundingan gencatan senjata mengenai perang di Lebanon dan Gaza terhenti.

Kunjungan diplomat utama Amerika itu juga terjadi di saat hubungan yang tegang antara Washington dan sekutu terdekatnya di kawasan itu, yang menyebabkan Amerika memperingatkan Israel mereka mungkin berhenti memasok senjata kecuali situasi kemanusiaan di Gaza membaik.

Kebocoran intelijen AS baru-baru ini mengenai rencana perang Israel berisiko semakin memperburuk hubungan kedua negara. Namun, Departemen Luar Negeri AS mengatakan pihaknya memperkirakan kebocoran tersebut tidak akan dibahas dalam pertemuan Blinken.

Pada Senin, juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan Gedung Putih tidak optimis perundingan gencatan senjata di Gaza atau Lebanon akan segera dimulai kembali.