Erick Thohir Tunjuk Maya Watono jadi Plt Dirut InJourney Gantikan Dony Oskaria

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Maya Watono selaku pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney untuk menggantikan Dony Oskaria.

Seperti diketahui, Dony Oskaria ditunjuk oleh Prabowo Subianto untuk menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN mendampingi Erick Thohir dalam Kabinet Merah Putih.

Pgs Corporate Secretary Group Head InJourney, Yudhistira Setiawan mengatakan selain mengisi posisi Plt Dirut, Maya juga tetap menjabat sebagai Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney.

“Setelah mendapat arahan dari pak Menteri BUMN, Pak Erick Thohir, bahwa Dewan Komisaris menunjuk Plt Direktur Utama InJourney, yaitu ibu Maya Watono,” ujarnya kepada wartawan saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 22 Oktober.

Lebih lanjut, Yudhistira mengatakan, Maya akan menjalankan tugasnya sebagai orang nomor satu di Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata, sampai perusahaan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) untuk menunjuk Direktur Utama Definitif.

Saat ditanya mengenai jadwal pelaksanaan RUPS, Yudhistira mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian BUMN selaku pemegang saham. Meski begitu, menurut dia, RUPS akan digelar dalam waktu dekat.

“Kami menunggu sampai dengan adanya RUPS definitif yang nanti akan ditetapkan dalam RUPS,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Menteri BUMN Dony Oskaria mengaku sudah mengundurkan diri dari posisinya sebagai Dirut InJourney. Pengunduran diri ini dilakukan usai dirinya mendapat mandat dari Presiden Prabowo Subianto untuk menjadi wakil menteri.

Seperti diketahui, Presiden Prabowo Subianto siang tadi telah melantik wakil menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta. Salah satu yang dilantin adalah Dony Oskaria.

“Saya kira secara otomatis ya. Setelah resminya tadi dilantik oleh Bapak Presiden, secara otomatis tentu saya tidak lagi menjabat sebagai Dirut InJourney,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 21 Oktober.

Dony mengaku akan mendiskusikan pengganti dirinya di Injorney dengan Erick Thohir selaku Menteri BUMN dalam rapat pimpinan (rapim) besok, Selasa, 22 Oktober.

“Tentu mesti ada dirutnya ya, siapa dirutnya nanti kita akan diskusikan dengan Pak Menteri. Tentu kita menginginkan yang terbaik, yang dapat melakukan keberlanjutan dari proses transformasi yang telah kita lakukan. Masih banyak tentunya yang harus kita lakukan, perbaikan-perbaikan,” katanya.

Meski begitu, Dony juga bilang transformasi di InJourney akan tetap dilakukan. Di samping itu, transformasi secara korporasi akan berlanjut.

“Kita juga tahu bahwa kita punya InJourney Aviation Services (IAS). Dan kita harapkan bertransformasi salah satunya bisa menurunkan logistic cost nasional dengan kita menggabungkan IAS. Tentu kita nanti akan memikirkan Dirut terbaik yang akan melanjutkan transformasi di InJourney,” tuturnya.