Menlu Sugiono Singgahi Kampung Halaman di Aceh Sebelum Bertolak ke Rusia Hadiri KTT BRICS

BANDA ACEH - Menteri Luar Negeri Kabinet Merah Putih yang baru dilantik Presiden Prabowo Subianto, Sugiono menyempatkan diri mengunjungi kampung halaman Aceh sebelum melanjutkan kunjungan kerja ke Rusia.

Saat tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, Selasa (22/10). Sugiono disambut Plt Sekda Aceh, Muhammad Diwarsyah, dan didampingi Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, Akkar Arafat.

Menlu  Sugiono dijadwalkan terbang ke Rusia. Di sana, ia mewakili Indonesia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi BRICS, di Kazan, Rusia, yang berlangsung pada 22-24 Oktober 2024.

Sugiono mengatakan, rencana awal ia hanya ingin transit saja di Bandara SIM Aceh Besar, tetapi karena diberikan penyambutan, maka Aceh menjadi kunjungan kerja pertamanya sebagai Menteri Luar Negeri.

"Terima kasih sekali. Tadinya hanya rencana transit saja, malah disambut di sini. Jadinya kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Indonesia, ya ke kampung sendiri di Aceh," kata Sugiono dilansir ANTARA.

Sugiono merupakan salah seorang putra Aceh yang dipercaya Presiden Prabowo Subianto mengisi posisi Menteri di Kabinet Merah Putih.

Selain Sugiono, ada juga putra Aceh lainnya yakni Teuku Riefky Harsya menjadi Menteri Ekonomi Kreatif (Ekraf). Serta Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi).

Sugiono lahir di Takengon, Aceh Tengah, pada 11 Februari 1979. Ia menempuh pendidikan dasar di SD di kota kelahirannya, Takengon, sebelum menghabiskan masa SMP di Banda Aceh.

Selanjutnya, Sugiono menjadi alumnus SMA Taruna Nusantara yang lulus pada tahun 1997. Ia satu angkatan dengan Agus Harimurti Yudhoyono yang kini menjadi Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

Begitu menyelesaikan pendidikan di sana, ia melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi militer di Amerika Serikat melalui beasiswa yang dicanangkan oleh Danjen Kopassus saat itu, Mayor Jenderal TNI Prabowo Subianto.

Ia kemudian mengikuti pendidikan calon perwira di Akademi Militer Magelang dan lulus dengan pangkat Letnan Dua di korps infanteri.

Sugiono, saat masih menjadi prajurit, pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi Prabowo sebelum pembentukan Partai Gerindra. Ia sudah dipercaya untuk mendampingi Prabowo sejak lama.

Di Senayan, Sugiono menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR yang membidangi isu-isu pertahanan dan luar negeri sekaligus Ketua Fraksi Gerindra di MPR.