Mengenal Blind Date, Risiko, dan Tipsnya

YOGYAKARTA – Ada banyak cara menjalin relationship hingga menikah salah satunya melalui blind date. Istilah blind date merujuk pada upaya yang dilakukan oleh dua orang yang saling berkencan tanpa tahu satu sama lain. Blinde date sudah banyak dilakukan oleh masyarakat di berbagai negara. Sayangnya orang Indonesia belum mengenal blind date sehingga praktiknya masih jarang dilakukan.

Mengenal Blind Date

Blind date adalah kencan yang melibatkan dua orang tanpa tahu satu sama lain baik penampilan fisik, kepribadian, informasi pribadi, dan sebagainya. Dua orang yang terlibat blind date juga tidak pernah bertemu sebelumnya. Artinya antara satu dengan yang lainnya adalah orang yang sama-sama baru.

Dilansir dari halaman Wikipedia, blind date awalnya dipopulerkan oleh masyarakat di Amerika Serikat pada abad ke-20. Tak begitu jelas siapa yang memulainya, namun disinyalir kencan buta ini berasal dari tradisi yang dimiliki oleh komuniitas Yahudi di Eropa Timur di abad ke-19.

Hingga saat ini blind date jadi salah satu upaya untuk memfasilitasi dua orang dengan harapan keduanya dapat menjalin hubungan romantis ke depannya.

Cara blind date pada dasarnya sama dengan kencan-kencan pada umumnya. Yang membedakan adalah pengetahuan yang dimiliki satu sama lain terkait partner kencannya. Peserta blind date dapat mencari informasi tentang teman kencannya namun dalam porsi yang terbatas atau tidak tahu sama sekali. Kondisi tersebut biasanya menimbulkan sensasi tertentu yang kadang tidak bisa dihadapi oleh beberapa orang.

Misalnya, blind date tentu memicu rasa grogi atau gugup. Bahkan salah satu peserta blind date bisa merasa kecewa lantaran gambaran yang ia miliki terhadap rekan kencannya ternyata berbeda jauh saat mereka bertemu.

Tips Blind Date

Jika Anda memiliki rencana untuk blind date, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Persiapan ini dilakukan untuk menghindari kesan pertama yang buruk, mencegah grogi, dan hal lain yang mungkin tidak diinginkan, dilansir dari verywellmind.

  1. Pilih pakaian yang bagus dan nyaman agar percaya diri
  2. Bersiaplah menumbuhkan rasa nyaman
  3. Jangan berekspektasi terlalu tinggi dulu
  4. Tetap bersikap positif
  5. Lakoni secara sadar dan hindari memikirkan masalah buruk yang mungkin akan terjadi di masa depan
  6. Hindari bahasa tubuh yang menyimbolkan ketidakcocokan, lakukan kontak mata secara intens dengan lawan kencan Anda
  7. Hindari pembicaraan personal
  8. Jadilah pendengar yang baik
  9. Jangan makan atau minum terlalu banyak untuk mencegah gangguan perut yang memicu kesan pertama yang buruk
  10. Fokuslah pada komunikasi, jangan mencari tahu hal-hal yang Anda inginkan. Informasi itu bisa digali setelah Anda dan partner mulai akrab dan saling tertarik.

Selain mengenal blind date, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.