Prabowo Lantik Luhut, Dudung hingga Terawan jadi Penasihat Khusus

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto melantik penasihat khusus di berbagai bidang pada hari ini, Selasa, 22 Oktober. Di antaranya adalah eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, mantan Kepala Staf TNI AD Dudung Abdurahman hingga Luhut Binsar Pandjaitan.

Berdasarkan tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Terawan hingga Dudung dilantik bersama sejumlah tokoh lain yang menduduki jabatan lainnya. Prosesi ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan dibuka dengan menyanyikan Indonesia Raya.

Kemudian, Nanik Purwanti selaku Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg membacakan Keputusan Presiden Nomor 140P/2024 tentang Pengangkatan Penasihat Khusus Presiden periode 2024-2029. Setelahnya, Prabowo memimpin pengambilan sumpah jabatan.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Prabowo membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Terawan hingga pejabat lain yang turut dilantik.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab."

Terawan diangkat menjadi Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan Nasional. Sedangkan Dudung diangkat sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Pertahanan Nasional, Ketua Komite Industri Pertahanan.

Kemudian ada juga nama Wiranto yang diangkat menjadi Penasihat Khusus Presiden Bidang Politik dan Keamanan. Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Penasihat Khusus Presiden Bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan.

Selanjutnya turut dilantik juga, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nasional. Lalu, Prabowo juga melantik Purnomo Yusgiantoro sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Energi dan Muhadjir Effendi sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Haji.