8 Mobil Dinas Presiden RI dari Masa ke Masa, Sedan Elit dengan Keamanan Tinggi

YOGYAKARTA - Mobil dinas Presiden RI dari masa ke masa selalu mengundang perhatian. Mobil yang digunakan sebagai kendaraan presiden ini merupakan tipe mobil khusus dengan spesifikasi unggul untuk memberikan kenyamanan dan keamanan. 

Dari era Presiden RI ke-1 Soekarno hingga Jokowi, mobil dinas presiden selalu mengandalkan merek Mercedes-Benz. Selama 54 tahun, merek otomotif asal Jerman ini menyediakan mobil mewah dengan tipe yang berbeda-beda untuk setiap presiden. 

Mari simak apa saja mobil dinas presiden RI dari masa ke masa, mulai dari tipe, spesifikasi, hingga kelebihannya. 

Mobil Dinas Presiden RI dari Masa ke Masa

Presiden pertama RI hingga yang terakhir Jokowi masih menggunakan mobil dari Mercedes-Benz. Berikut ini tipe mobil yang menjadi kendaraan dinas masing-masing Presiden Indonesia:

Mercedes-Benz 600 (W100)

Pada masa kepemimpinan Soekarno, Mercedes-Benz tipe 600 atau W100 digunakan sebagai mobil resmi presiden. Kendaraan mewah ini diproduksi mulai dari tahun 1964 hingga 1981 dan sering dikenal dengan sebutan Grand Mercedes. 

Mobil ini hadir dalam beberapa varian, seperti Short Wheel Base (SWB) 4-pintu, limosin Pullman 4-pintu, serta Pullman 6-pintu. Model limosin ini secara khusus dirancang untuk dikendarai oleh sopir.

Mercedes-Benz 500 SEL (W126)

Mercedes-Benz 500 SEL digunakan pada masa pemerintahan Soeharto, tepatnya dari tahun 1970-an hingga 1990-an. Mobil ini memiliki spesifikasi yang setara dengan kendaraan yang digunakan oleh Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Ratu Inggris Elizabeth II. 

Sedan mewah ini dilengkapi dengan fitur anti-peluru, termasuk pada bagian kac. Karena bodinya dilapisi baja, sedan ini mampu menahan guncangan atau ledakan. Kendaraan ini didukung oleh mesin V8 berkapasitas 4.973 cc, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 249 Tk dan torsi hingga 390 Nm.

Mercedes-Benz S600 (W140)

Mercedes-Benz S-Class ini digunakan selama masa kepresidenan Bacharuddin Jusuf Habibie pada tahun 1998-1999. Sedan ini memiliki ukuran yang cukup besar di kelasnya dengan panjang 5.213 mm, lebar 1.895 mm, tinggi 1.486 mm, dan jarak sumbu roda mencapai 4.140 mm. 

Mobil ini dilengkapi dengan mesin V12 berkapasitas 6.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 402 Tk. Selain varian mesin bensin, model ini juga tersedia dalam varian mesin diesel yang diproduksi oleh Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz S-Class (W116)

Mobil kepresidenan ini pernah digunakan pada era Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sedan klasik ini dilengkapi dengan mesin berkode M117 yang memiliki konfigurasi V8 dan berkapasitas 4.500 cc.

Mercedes-Benz S-Class (W140)

Model yang digunakan pada era BJ Habibie kembali digunakan selama masa kepresidenan Megawati Soekarnoputri dengan spesifikasi yang tetap sama. Sedan mewah ini kemudian digantikan pada pemerintahan berikutnya.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard (W221)

Mobil kepresidenan ini digunakan pada era Susilo Bambang Yudhoyono dan menjadi model yang paling lama berfungsi sebagai kendaraan resmi Presiden. S600 Pullman Guard dikenal sebagai mobil yang canggih pada masanya, dengan bodi anti-peluru dan tahan terhadap ledakan. 

Mercedes-Benz telah melengkapi mobil ini dengan sejumlah fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), termasuk lane keeping assist, speed limit assist, speed attention assist, PRE-SAFE brake, adaptive brake light, ABS, EBD, EPS, traction control, dan lainnya. 

Dari segi performa, S600 Pullman Guard menggunakan mesin V6 berkapasitas 3.000 cc. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 228 Tk dan torsi sebesar 300 Nm dengan tenaga yang disalurkan melalui transmisi otomatis 7-percepatan 7G-Tronic.

Mercedes-Benz S600 Guard (W222)

Pada awal masa kepemimpinan Joko Widodo, mobil W221 masih digunakan sebelum akhirnya digantikan oleh S600 Guard (W222). Sedan mewah ini dilengkapi dengan fitur keselamatan tingkat tinggi dan memiliki sertifikasi perlindungan balistik kelas VR9. 

Dengan bodi yang terbuat dari baja, mobil ini tahan peluru. Selain itu, kaca bagian dalamnya dilapisi polikarbonat untuk melindungi dari peluru, ledakan granat, dan ancaman lainnya. Mercedes-Benz juga membekali kendaraan ini dengan telepon satelit, sistem alarm darurat, tabung oksigen darurat, serta sistem pemadam otomatis. 

Dari segi performa, S600 Guard didukung oleh mesin V12 turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 530 Tk dan torsi sebesar 830 Nm.

Mercedes-Benz S680 (W223)

Mulai tahun 2024, Jokowi mulai muncul di beberapa acara resmi negara menggunakan S680 Guard, termasuk saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2024-2029. Mobil ini menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dengan bodi dan kaca yang tahan peluru, serta mampu menghadapi guncangan dan ledakan. 

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan sistem pemadam otomatis dan bodinya dapat menahan peluru dengan kaliber 7,62 mm. Di bagian mesin, S680 Guard menggunakan mesin V12 twin-turbo berkapasitas 6.000 cc, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 612 Tk dan torsi 830 Nm. 

Demikianlah mobil dinas Presiden RI dari masa ke masa yang mengandalkan merek Mercedes-Benz selama 54 tahun. Untuk Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming masih belum diketahui apakah akan tetap menggunakan Mercedes-Benz sebagai kendaraan resmi mereka. Baca juga mobil Maung Garuda yang dipakai Prabowo usai pelantikan sebagai Presiden.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.