DPR Bakal Umumkan Mitra Kerja 13 Komisi di Rapat Paripurna Besok

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto telah resmi melantik jajaran kabinet Merah Putih. Dengan demikian, DPR RI sudah bisa mengumumkan mitra kerja kementerian untuk 13 komisi yang ada di parlemen.

Rencananya, pengumuman mitra kerja bagi 13 komisi di DPR akan dilakukan dalam rapat paripurna yang diagendakan pada Selasa, 22 Oktober, besok.

Agenda tersebut disepakati dalam rapat pimpinan pengganti Badan Musyawarah (Bamus) di Kompleks Parlemen, Senayan, hari ini.

"Ini rapim Bamus untuk di paripurnakan besok, insya Allah. Kalau tidak ada hal-hal dan ada 13 komisi, badan nambah satu, badan aspirasi masyarakat termasuk besok juga akan ditentukan 13 komisi," ujar anggota DPR fraksi PDIP, Said Abdullah di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin, 21 Oktober.

"Keanggotaannya setiap komisi range-nya 42-47, 48 kali ya, atas bawahnya supaya merata di setiap komisi dan sekaligus para pimpinannya bisa akan diumumkan di paripurna," lanjut Ketua Banggar DPR periode 2019-2024 itu.

Said menuturkan, rapat hari ini untuk persiapan menggelar rapat paripurna besok. Karena Bamus belum terbentuk, kata dia, maka rapat pimpinan DPR dan pimpinan fraksi hari ini adalah rapat pengganti Bamus.

"Ya, pengganti Bamus, karena Bamusnya kan belum ada. Maka hari ini Rapim pimpinan dan perwakilan fraksi pengganti Bamus," jelas said.

Diketahui, Presiden Prabowo Subianto telah resmi melantik jajaran kabinet Merah Putih di Istana Negara, pagi ini. Dalam kabinet Prabowo ini, terdapat tujuh Menko, 41 menteri, dan enam pejabat setingkat menteri.