Google Perbarui NotebookLM: AI Lebih Cerdas, Fitur Lebih Lengkap

JAKARTA - Google meluncurkan pembaruan untuk NotebookLM, asisten penelitian dan penulisan berbasis AI nya, melalui dua fitur baru yang akan mempermudah pengguna dalam beraktivitas. 

Sebelumnya, Google telah memperkenalkan fitur Audio Overviews kepada pengguna dalam bentuk eksperimental. Karena jutaan orang sudah mencobanya, kini Google merilis fitur tersebut secara umum dengan serangkaian peningkatan lain. 

“Kami sangat senang dengan sambutan positif terhadap Audio Overviews sejauh ini, dan hari ini kami memperkenalkan dua fitur baru,” tulis Google dalam pengumumannya. 

Panduan percakapan: Dengan fitur ini, Anda dapat memberikan instruksi sebelum menghasilkan "Deep Dive" Audio Overview. Misalnya, Anda dapat fokus pada topik tertentu atau menyesuaikan tingkat keahlian sesuai dengan audiens Anda. 

Mendengarkan latar belakang: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan ikhtisar audio (ringkasan dari suatu konten, seperti artikel atau podcast) secara bersamaan saat mereka melakukan aktivitas lain di dalam aplikasi NotebookLM. 

Jadi, Anda tidak perlu berhenti dari pekerjaan atau penelitian Anda yang lain hanya untuk mendengarkan ringkasan tersebut.  

Selain itu, Google juga mengumumkan NotebookLM Business, versi mendatang yang akan ditawarkan melalui Google Workspace dengan fitur-fitur yang ditingkatkan untuk bisnis, universitas, dan organisasi. 

Mulai hari ini, Anda dapat mendaftar untuk program pilot NotebookLM Business untuk mendapatkan akses awal ke fitur-fitur produk baru, pelatihan, dan dukungan email. 

Sementara itu, Anda dapat terus menggunakan versi gratis NotebookLM, dan Google akan membagikan lebih banyak tentang ketersediaan umum dan harga NotebookLM Business nanti tahun ini.