5 Minuman Sehat yang Aman Bagi Pengidap GERD

JAKARTA - Asam lambung dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dapat menyebabkan asam lambung naik ke esofagus. Hal ini menimbulkan gejala yang tidak nyaman seperti nyeri ulu hati dan regurgitasi asam lambung.

Minuman seperti kopi, soda, dan jus asam dapat meningkatkan risiko atau tingkat keparahan gejala refluks. Jadi, apa yang harus Anda minum sebagai gantinya?

Salah satu cara tepat yang dapat dilakukan bagi Anda penderita Gerd adalah mengonsumsi minuman sehat. Minuman sehat ini bukan hanya mencegah, tetapi juga mengatasi asam lambung saat sedang kambuh.

Ada banyak pilihan yang kemungkinan tidak akan memicu penyakit asam lambung, bahkan dapat membantu mengurangi gejalanya. Berikut 7 minuman yang cocok bagi penderita Gerd, seperti dilansir dari laman Healthline.

1. Teh herbal

Teh herbal dapat membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan masalah perut seperti gas dan mual. Coba gunakan obat herbal yang dapat meredakan gejala GERD, seperti Chamomile, akar manis, sliperry elm , jahe, hingga akar marshmallow.

Akar manis dapat membantu meningkatkan lapisan lendir pada lapisan esofagus, yang dapat membantu mengurangi efek asam lambung yang mengalir balik. Sementara, formula herbal yang mengandung akar manis memberikan kelegaan dari gejala GERD secara konsisten lebih baik daripada antasida biasa.

Teh jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan mual. Namun, Anda bisa menghindari teh pepermint, karena mint dapat memicu gejala asam lambung pada sebagian orang.

2. Susu rendah lemak atau susu skim

Susu sapi mungkin sulit dicerna bagi sebagian orang. Susu murni mengandung banyak lemak. Mengonsumsi susu sapi full fat dan makanan berlemak tinggi lainnya dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang bisa menyebabkan atau memperburuk gejala asam lambung.

Penelitian yang sama menemukan lemak juga dapat mengurangi motilitas lambung, sehingga makanan berlemak tinggi bertahan lebih lama di perut. Jika Anda memasukkan produk susu sapi ke dalam makanan, pertimbangkan untuk memilih opsi dengan kandungan lemak yang lebih rendah.

3. Susu nabati

Bagi penderita intoleransi laktosa atau orang mengalami peningkatan gejala asam lambung akibat mengonsumsi produk susu, susu nabati mungkin merupakan alternatif yang baik. Berbagai produk susu nabati tersedia, diantaranya susu kedelai, susu rami, susu mete, susu kelapa, susu gandum, dan susu almond.

Susu kedelai dan susu nabati biasanya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada kebanyakan produk susu. Hal ini menjadikan pilihan yang lebih aman bagi penderita GERD.

4. Jus buah

Sejumlah minuman jus, seperti jus jeruk, jus nanas dan jus apel bisa sangat asam dan dapat menyebabkan gejala GERD. Jus yang kurang asam cenderung tidak memicu gejala GERD.

Jus dengan tingkat keasaman yang lebih rendah diantaranya jus wortel, jus lidah buaya, jus kubis. Anda juga bisa minum jus segar yang dibuat dengan bahan kurang asam, seperti bit, semangka, bayam, mentimun, atau pir

Anda juga bisa mencoba smoothie. Smoothie juga jadi cara populer untuk memasukkan lebih banyak vitamin dan mineral ke dalam makanan Anda. Minuman juga merupakan pilihan lezat bagi penderita GERD.

Saat membuat smoothie, cobalah sertakan buah-buahan dengan tingkat keasaman rendah yang sama dengan jus yang ramah terhadap refluks, seperti pir atau semangka. Coba juga tambahkan sayuran hijau seperti bayam atau kangkung untuk menambah nutrisi dan manfaat mengurangi refluks.

5. Air kelapa

Air kelapa tanpa pemanis dapat menjadi pilihan sangat baik bagi penderita refluks asam atau GERD. Minuman ini merupakan sumber elektrolit yang bermanfaat, seperti kalium. Minuman ini juga meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting untuk mengelola refluks asam.