Bagaimana Kabar Kelanjutan Step WGN yang Pernah Dipamerkan di Indonesia Juli Silam? Ini Penjelasan HPM

JAKARTA - Juli silam PT Honda Prospect Motor (HPM) telah memamerkan salah satu lini hybrid yang dijual di pasar luar, Step WGN ke publik tanah air melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Mobil ini mendapatkan animo yang luar biasa dari publik karena usung gaya MPV dengan kabin luas, mampu menampung banyak orang, serta memiliki teknologi hybrid.

Sayangnya, perusahaan belum mengumumkan kapan Step WGN akan dijual di Indonesia meskipun publik berminat untuk memiliki mobil tersebut. Nah, bagaimana kelanjutan dari Step WGN setelahnya?

Menanggapi hal ini, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM Yusak Billy, mengatakan mobil tersebut masih berada dalam tahap survey dan fase terakhirnya akan dilakukan pada saat GIIAS Semarang yang berlangsung 23-27 Oktober sebelum ditentukan.

“Mungkin (survey) terakhir pada saat GIIAS Semarang minggu depan, lalu kita selesaikan dan evaluasi karena peminatnya sangat tinggi di Indonesia,” kata Billy saat ditemui di TB Simatupang, Jakarta, Sabtu, 19 Oktober.

Billy juga menilai banyak pelanggan yang menanyakan waktu peluncuran dari Step WGN meskipun belum bisa dipastikan akan dijual di Indonesia

“Mereka menanyakan kapan diluncurkan, tapi kami sudah mengatakan kalau belum bisa inden,” tambah Billy.

Berdasarkan survey yang telah dilakukan, Billy menjelaskan banyak pelanggan menilai Step WGN pantas dibanderol dengan harga Rp500-699 juta untuk pasar Indonesia.

“Berdasarkan survey kita sejauh ini, pelanggan menilai Step WGN ini berada di kisaran 500-699 juta ya,” terang Billy.

Di Jepang, Mobil berbentuk medium van ini menjadi pesaing langsung dari Toyota Voxy dan Nissan Serena.

Secara desain, Step WGN memiliki desain yang lebih mengotak dibandingkan dengan saudaranya seperti Freed atau Odyssey, namun lebih minimalis dengan spoiler di depan dan kedua sisinya.

Interiornya dibekali dengan sejumlah perlengkapan yang mumpuni untuk kebutuhan keluarga, seperti layar infotainmen mengambang 11,4 inci, layar 15 inci untuk penumpang, captain seat pada baris kedua, dan penopang kaki di bawahnya.

Van ini dibekali dengan mesin 2,0 liter Atkinson-cycle 2,0 liter digabungkan sistem hybrid e:HEV yang dikembangkan oleh Honda, sehingga mampu mengeluarkan tenaga hingga 182 dk dan torsi mencapai 315 Nm.

Performa mesin tersebut digabungkan dengan transmisi e-CVT yang tenaganya disalurkan ke roda depan. Pabrikan berlogo ‘H’ ini mengklaim Step WGN miliki kemampuan konsumsi BBM hingga 20,3 km/liter.