Kebaya "Merah Putih" Selvi Ananda dan Iriana Simbolkan Cinta Indonesia

JAKARTA - Selain busana adat khas Betawi Ujung Serong yang digunakan oleh Presiden Prabowo Subianto serta Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, busana dari Ibu Negara ke-7 Indonesia Iriana Joko Widodo dan Istri dari Wapres Gibran Selvi Anada juga ikut mencuri perhatian.

Pengamat Mode dari Indonesia Fashion Chamber (IFC) Lisa Fitria mengartikan kebaya yang digunakan oleh mertua dan menantu itu menjadi simbol kecintaan terhadap Tanah Air mengingat keduanya serasi menampilkan warna Bendera Indonesia yaitu Merah Putih lewat pilihan busananya.

"Warna merah dan Warna putih yang dipakai Mbak Selvi dan Bu Iriana itu menyimbolkan kecintaan akan Indonesia ya, karena kan warna merah putih itu kan warna bendera kita gitu," kata Lisa kepada ANTARA, Minggu.

Lisa mengatakan jika membedah masing-masing pilihan gaya, maka sebenarnya pilihan kebaya sebagai busana yang digunakan Selvi Ananda dan Iriana Joko Widodo ingin menegaskan posisi kebaya sebagai busana ciri khas bagi wanita Indonesia dalam berbagai acara termasuk acara kenegaraan.

Untuk Selvi Ananda, menurut Lisa kebaya merah yang dipilihnya tersebut telah mengalami modifikasi menjadi kebaya modern. Meski telah disesuaikan dengan sentuhan-sentuhan kekinian agar sesuai dengan perkembangan zaman, roh dari busananya tetap menunjukkan siluet kebaya.

Sementara untuk pilihan kebaya Iriana Joko Widodo yang berwarna putih, Lisa mengatakan kebaya tersebut masuk dalam golongan kebaya tradisional Jawa.

Apabila dilihat sekilas kebaya tersebut terlihat sederhana namun tetap ada detail-detail keindahan budaya dari corak kain yang dikenakan oleh Ibu Negera ke-7 Indonesia itu.

"Itu mungkin untuk merepresentasikan bahwa itu ciri khas orang Indonesia, jangan lupa dengan pakaian adat dan budayanya," kata Lisa.

Dalam kesempatan pengucapan sumpah jabatan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pasangan pemimpin itu mengenakan pakaian adat Betawi untuk acara kenegaraan, yakni pakaian adat Ujung Serong.

Pilihan busana tersebut menarik mengingat pertama kalinya dalam sejarah penggunaan pakaian adat dilakukan dalam proses pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024 - 2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI itu juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.