Sabtu Ini, Kemenkumham Sumbar Selenggarakan Tes SKD bagi 23.000 CPNS

PADANG - Ribuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham RI 2024 di provinsi Sumatra Barat pada Sabtu ini mengikuti Seleksi Komputer Dasar (SKD).

Tes berbasis komputer (CAT) itu dilaksanakan di gedung pusat konvensi Kampus Universitas Putera Indonesia (UPI) YPTK di Padang, dan dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar Amrizal.

 "Komitmen kami adalah menyelenggarakan tes SKD CAT yang jujur serta transparan bagi seluruh peserta," kata Amrizal di Padang, dilansir dari ANTARA, Sabtu, 19 Oktober.

 Ia mengatakan berbagai alur serta mekanisme sudah diterapkan di lokasi ujian guna mencegah adanya praktik-praktik kecurangan.

Sementara itu Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Sumbar Ramelan Suprihadi mengatakan tes SKD akan berlangsung selama 14 hari terhitung dari Sabtu (19/10).

Jumlah peserta yang akan mengikuti tes di wilayah Sumbar sebanyak 23.000 orang lebih, sehingga panitia harus membagi peserta ke dalam 49 sesi.

"Tes akan dibagi menjadi 49 sesi, setiap sesi memiliki peserta sebanyak 495 orang. Semua upaya serta potensi dikerahkan demi memastikan tes sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat," jelas Ramelan yang merupakan Ketua Panitia Daerah Seleksi CPNS wilayah Sumbar.

Ia menerangkan CPNS pada 2024 memiliki kuota sebanyak 266 orang untuk Sumbar, dengan rincian tingkat SLTA 225 orang dan Sarjana 41 orang.

Pantauan di lapangan, para peserta tes tampak mengikuti ujian mengenakkan seragam hitam-putih yang dipandu oleh panitia daerah. Sebelum memasuki ruang ujian, para CPNS harus melalui empat pos yang dibentuk oleh panitia di lokasi ujian.

Lokasi pertama adalah loker penitipan barang, kemudian pos kedua verifikasi data peserta, ketiga pengambilan nomor PIN untuk ujian.

Setelah mengambil nomor PIN, panitia kembali memeriksa para peserta untuk menghindari adanya penyelundupan-penyelundupan barang atau sesuatu yang dilarang.Setelah dipastikan aman, maka peserta masuk ke ruang sterilisasi lalu ke ruangan ujian SKD yang terdapat meja beserta deretan laptop.

Kepada seluruh peserta, Ramelan berpesan agar menjalani tes dengan jujur, dan percaya dengan kemampuan diri sendiri.

"Tidak perlu menggubris kalau pihak-pihak yang bisa menjanjikan kelulusan di luar jalur, saya tegaskan itu tidak ada. Lebih baik percaya kepada diri sendiri," jelasnya.

Ramelan mengatakan SKD CAT diselenggarakan oleh pegawai Kanwil Kemenkumham Sumbar selaku panitia daerah, tim dari Kemenkumham pusat, serta Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

"Untuk memastikan tes berlangsung secara jujur dan transparan kami juga turut menggandeng pihak Ombudsman Sumbar untuk turut mengawasi tes," jelasnya.

Menurutnya, setiap informasi yang diperlukan oleh para CPNS telah disosialisasikan jauh hari lewat berbagai platform media sosial milik Kemenkumham Sumbar, serta media massa.