Era Baru Kia Menuju Elektrifikasi Dimulai, Pabrik Gwangmyeong EVO Mulai Beroperasi

JAKARTA - Kia Corporation resmi mengumumkan pembukaan pabrik EVO Kia Gwangmyeong sebagai fasilitas produksi kendaraan listrik pertama.

Pabrik tersebut berlokasi di Kia Autoland Gwangmyeong, fasilitas baru di Korea Selatan ini memiliki kapasitas produksi tahunan sebesar 150.000 unit dan mulai memproduksi Kia EV3 pada paruh pertama tahun ini, yang akan disusul dengan EV4 pada paruh pertama tahun 2025.

Merujuk dari istilah kata 'Evolusi' pabrik tersebut menunjukkan bagaimana Kia akan terus berevolusi dan bergerak maju seiring dengan tujuannya untuk menjadi pemimpin mobilitas masa depan.

Executive Vice President and Head of Domestic Production Division Kia un Young Choi, mengatakan selesainya pabrik tersebut mengukuhkan langkah pertama Kia sebagai pemimpin kendaraan listrik setelah peluncuran kembali merek perusahaan pada 2021.

"Dengan tujuan menyediakan solusi mobilitas yang berkelanjutan, kami akan memimpin inovasi di pasar EV dan memenuhi tanggung jawab kami dalam mendukung mewujudkan masa depan yang berkelanjutan," katanya, dalam keterangan resminya yang diterima, Jumat, 18 Oktober.

Pada kesempatan yang sama, Seung Won Park, Walikota Kota Gwangmyeong mengungkapkan selesainya pabrik EVO Kia Gwangmyeong akan membantu Kota Gwangmyeong untuk memantapkan dirinya sebagai pusat industri kendaraan listrik di Korea.

"Melalui hal ini, kami akan berusaha untuk mempromosikan pembangunan ekonomi lokal yang berkelanjutan dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja," ungkap Seung Won Park.

Pabrik EVO Kia Gwangmyeong berdiri dengan semangat 'mengejar perubahan maksimum melalui ekspansi minimal' melalui pertimbangan lokasi di pusat kota dan faktor lingkungan lainnya, seperti perlindungan ruang hijau.

Selain itu, pabrik ini dibangun dengan mempertimbangkan konversi elektrifikasi skala penuh dengan fokus pada proses yang ramah lingkungan dan ramah untuk para pekerja. Terdapat beberapa area yang dihadirkan, seperti Body Shop sekarang menjadi pabrik logistik berteknologi tinggi berkat pengenalan forklift berpemandu otomatis dan inovasi ramah lingkungan di Paint Shop dengan menerapkan metode 3C1B berbasis air, alih-alih metode 3C2B berbasis minyak sebelumnya.

Peralatan baru juga telah diperkenalkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi beban kerja karyawan pabrik, termasuk mesin yang dapat secara otomatis memasang baterai bertegangan tinggi, velg, dan ban pada kendaraan.

Setelah upacara peresmian pabrik EVO Gwangmyeong, Kia akan meningkatkan produksi mobil listrik. Produksi massal EV3, SUV listrik kompak Kia, dimulai pada paruh pertama tahun ini. EV3 adalah model EV khusus ketiga Kia setelah Kia EV6, SUV crossover listrik yang diluncurkan pada tahun 2021, dan SUV listrik andalan Kia EV9 yang diluncurkan pada tahun 2023.

Kia berencana untuk memanfaatkan pabrik EVO Gwangmyeong sebagai basis produksi utama untuk model EV, termasuk EV3 dan EV4, dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 150.000 unit.