Mengenal Omakase, Makan dengan Menu Kejutan Seperti Pengalaman Erina Gudono Usai Melahirkan

JAKARTA - Omakase mencuri perhatian baru-baru ini setelah dilakukan oleh Erina Gudono pasca melahirkan anak pertamanya dengan Kaesang Pangarep. Bagi yang belum tahu, Omakase merupakan konsep makan yang berasal dari Jepang.

Dilansir dari Michelin Guide, omakase merupakan penyeimbang penyajian ‘kaiseki’ di Jepang. Kaiseki dianggap sebagai makanan yang sangat ritualistik.

Sementara omakase berbeda, yang berubah pada setiap kesempatan karena koki yang memegang kendali penuh. Jika diterjemahkan secara harafiah ‘omakase’ berarti ‘saya serahkan kepada Anda’.

Pada dasarnya omakase merupakan konsep penyajian makanan di mana tamu tidak tahu daftar menunya dan menyerahkan sepenuhnya kepada koki. Ini memberikan tamu sensasi kejutan pada setiap menu yang disajikan.

Filosofi sang koki sebenarnya menjadi kunci dari konsep makan omakase. Filosofi yang dipegang koki akan menjadi pemandu hidangan yang disajikan, dengan gaya memasak masing-masing.

Bersantap ala omakase juga berarti akan berhadap-hadapan langsung dengan koki. Koki akan mengukur reaksi pelanggan dan mengarahkan pada pengalaman bersantap terbaik.

Biasanya konsep makanan omakase ini akan menyajikan hidangan-hidangan yang musiman, elegan, artistik. Makanan juga dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kualitas terbaik.