Nadal Duel Kontra Djokovic untuk Terakhir Kalinya di Laga Ekshibisi

JAKARTA – Rafael Nadal memiliki kesempatan terakhir bersua Novak Djokovic dalam laga ekshibisi Six Kings Slam di Arab Saudi sebelum memutuskan untuk pensiun.

Bentrok terakhir kedua nama besar tersebut akan terjadi di Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu, 19 Oktober 2024. Pertarungan ini bakal jadi duel terakhir mereka sebelum Nadal pensiun.

Nadal dan Djokovic sama-sama kalah di babak semifinal ajang ini pada Kamis, 17 Oktober 2024, sehingga saling berhadapan untuk memperebutkan tempat ketiga.

Tiket final gagal didapat Nadal setelah dia kalah 3-6 dan 3-6 melawan Carlos Alcaraz. Sementara Djokovic menelan kekalahan 2-6, 7(0)-6, dan 4-6 melawan petenis nomor satu dunia, Jannik Sinner.

"Berhadapan dengan Novak rasanya seperti nostalgia. Kami sudah sering bertanding satu sama lain sehingga menyenangkan bertemu kembali di pertandingan ini," ujar Nadal dikutip Reuters.

Nadal, yang tercatat mengoleksi gelar Grand Slam sebanyak 22 kali, secara resmi mengumumkan untuk pensiun dari tenis minggu lalu.

Selama aktif bermain, Nadal tercatat sudah menghadapi Djokovic dalam 60 pertandingan, yang merupakan terbanyak dalam tenis putra. Dari jumlah itu, dia menang 29 kali dan sisanya menelan kekalahan.

Terakhir kali Nadal menghadapi juara Grand Slam 24 kali tersebut ialah pada babak kedua Olimpiade Paris 2024. Ketika itu, petenis berjuluk Raja Tanah Liat itu kalah 1-6 dan 4-6.

Nadal dan Djokovic termasuk dalam era dominasi The Big Three bersama Roger Federer. Nama terakhir mengoleksi 20 gelar Grand Slam dan sudah memutuskan pensiun terlebih dahulu.

Djokovic pun sekarang memasuki masa senja karier sehingga kemungkinan besar dia akan menyusul kedua nama besar itu dalam waktu dekat.