Cegah Tawuran, Polisi Datangi Sejumlah Sekolah di Jakarta Utara

JAKARTA – Petugas kepolisian mengunjungi sejumlah sekolah di Jakarta Utara sebagai upaya mencegah aksi tawuran di kalangan pelajar, yang belakangan ini marak terjadi dan menimbulkan korban jiwa.

"Kami melakukan langkah persuasif dengan melakukan pencegahan terjadinya aksi tawuran melalui sosialisasi mengunjungi pelajar di sekolahnya masing-masing sehingga pesan ini sampai kepada mereka," kata Kapolsek Kelapa Gading Kompol Maulana Mukarom, Jumat 18, Oktober 2024

Ia mengatakan kegiatan ini dilakukan setelah mencermati fenomena tawuran yang terjadi di Jakarta beberapa kasus bahkan mengakibatkan korban jiwa,

"Kami datang untuk mencegah agar tidak terjadi tawuran di wilayah hukum Polsek Kelapa Gading," kata dia

Dirinya berharap peran aktif siswa ikut terlibat dalam mencegah aksi tawuran dengan dengan menghubungi petugas kepolisian jika mengetahui rencana tawuran atau melihat kejadian tersebut.

"Kami dapat melakukan aksi pencegahan atau menindaklanjuti dengan mengirimkan petugas ke lapangan untuk melakukan aksi pembubaran atau pencegahan," kata dia.

Ia juga meminta agar para siswa tidak terjebak melakukan aksi pidana karena masa depan mereka yang masih panjang.

Dia meminta seluruh siswa lebih fokus belajar dan mempersiapkan masa depan mereka dengan baik dan tidak terlibat hal yang dapat merugikan diri mereka, keluarga hingga lingkungan mereka.

"Jangan terlibat tawuran, narkoba, atau aksi pidana, dan lainnya," kata dia.

Selain itu, Kompol Maulana juga mengajak para remaja ini bijak dalam menggunakan media sosial sehingga tidak terjerat isu hoaks yang bersifat provokatif dan aksi yang membuat mereka terjerat aksi pidana.

"Kami selalu rutin melakukan patroli siber dalam memantau platform media sosial," kata dia.

Salah satu sekolah yang dikunjungi Polsek Kelapa Gading adalah SMA Negeri 45 Jakarta di Kelapa Gading.