3 Strategi Mendapatkan Promosi Jabatan Tanpa Dianggap "Penjilat"

YOGYAKARTA - Pernahkah Anda merasa bekerja keras namun tak kunjung mendapatkan promosi jabatan? Atau mungkin Anda khawatir dianggap penjilat? Jangan khawatir, karena terdapat beberapa strategi mendapatkan promosi jabatan dengan mudah.

Ada cara yang lebih elegan untuk menonjolkan kinerja Anda tanpa harus mengorbankan reputasi. Artikel ini akan mengulas beberapa strategi cerdas yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan peluang promosi.

Strategi Mendapatkan Promosi Jabatan

Dilansir dari laman Forbes, berikut ini beberapa trik yang dapat Anda lakukan agar mendapatkan promosi jabatan:

  • Fokus pada Pertumbuhan Produktivitas (Bukan Pendapatan)

Yang paling penting adalah jumlah uang yang Anda hasilkan relatif terhadap nilai yang Anda hasilkan sebagai karyawan. Dalam teori keseimbangan, Anda dibayar sesuai dengan nilai yang Anda anggap pantas.

Dalam buku "How The Economic Machine Works," investor Ray Dalio menawarkan kesimpulan serupa: "Jangan biarkan pendapatan naik lebih cepat daripada produktivitas karena Anda pada akhirnya akan menjadi tidak kompetitif."

Jika pendapatan naik lebih cepat daripada produktivitas, maka Anda akan mematok harga kerja Anda di luar pasar. Pada awalnya, Anda mungkin akan mengalami ledakan karier karena mulai menghasilkan lebih banyak uang daripada rekan-rekan, tetapi itu akan dengan cepat berubah menjadi kehancuran karir.

Jangan biarkan pendapatan naik lebih cepat daripada produktivitas (freepik)
  • Jangan Samakan Jabatan dengan Keterampilan

Saat seseorang naik jabatan dan terjebak dalam politik perusahaan tersebut, maka akan sangat mudah untuk melupakan keterampilan yang sedang dikembangkan.

Jika Anda tidak secara proaktif mengembangkan serangkaian keterampilan yang unik, maka Anda akan kembali terjebak dalam stagnan.

Misalnya, Anda mendapatkan gaji yang cukup lumayan. Jika keterampilan Anda tidak sulit atau mahal untuk diperoleh, maka pendatang baru di pasar akan dengan cepat memperoleh keterampilan tersebut dan menawarkan untuk melakukan pekerjaan yang sama dengan gaji yang sedikit lebih rendah. Perusahaan kemudian akan mengganti tenaga kerja yang lebih murah dan sama efektifnya, dan hal ini memicu efek substitusi.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas: Apa Itu Quarter Life Crisis? Penyebab, Tanda-Tanda, dan Cara Mengatasinya

  • Terapkan "Kerangka Rahasia" Neil Gaiman

Seperti yang banyak dipahami banyak orang dalam dunia kerja, promosi tidak hanya berdasarkan pada pekerjaan Anda saja. Dalam pidato utama penulis Neil Gaiman di University of the Arts, ia memberikan kepada penonton kerangka rahasia untuk mendapatkan pekerjaan freelance.

Neil Gaiman menjelaskan pengembangan keterampilan unik hanyalah satu bagian dari teka-teki. Maka dari itu, temukan dua bidang tumpang tindih di mana Anda paling unggul dan gali hal itu.

Jika Anda menilai diri Anda di atas rata-rata di ketiga bidang tersebut, maka mungkin Anda terlalu tinggi menilai kemampuan Anda. Namun, jika Anda bekerja di bidang yang jauh dari kemampuan Anda (tetapi Anda bersedia untuk belajar) maka Anda tidak akan terjebak pada karir yang stagnan.

Selain strategi mendapatkan promosi jabatan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!