Gegana Polda Sulteng Amankan Benda Diduga Bom Rakitan di Poso

JAKARTA - Tim Gegana Satuan Brimob Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Unit Inafis Polres Poso mengamankan sejumlah benda yang diduga bom rakitan dan langsung melakukan olah tempat kejadian untuk identifikasi lebih lanjut.

"Penemuan bom rakitan tersebut menunjukkan betapa pentingnya sinergi antara TNI/Polri dan masyarakat dalam menjaga keamanan," kata Kaops Madago Raya Kombes Pol Boy F S Samola dilansir ANTARA, Rabu, 16 Oktober.

Benda yang diduga bom rakitan tersebut ditemukan di Dusun Tolana, Desa Toini, Kecamatan Poso Pesisir pada Selasa (15/10) oleh salah seorang warga yang membersihkan kebun.

"Dari keterangan saksi, parang ia gunakan membersihkan kebun mengenai benda keras yang terbungkus ember plastik, setelah diperiksa terdapat lima buah benda berbentuk pipa besi dengan sumbu di bagian atas, di duga merupakan bom lontong," tuturnya.

Atas laporan tersebut Babinsa Desa Toini, Kecamatan Poso pesisir dan Polsek Poso Pesisir langsung mengambil langkah cepat mengamankan lokasi penemuan barang diduga bom rakitan.

Pihaknya terus meningkatkan patroli dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan guna menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif di Kabupaten Poso.

"Temuan ini menjadi peringatan bagi semua pihak, bahwa kita harus meningkatkan kewaspadaan dan memperkuat sistem keamanan," ucap Boy.