Elektabilitas Syauqul-Elim Tyu Ungguli Bambang-Bayu di Survei Pilwakot Blitar

JAKARTA - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terkait tingkat elektabilitas kedua pasangan calon untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Blitar, Jawa Timur, 2024 yang telah ditetapkan oleh KPU. Yakni, pasangan Bambang Rianto (Kawit)-Bayu Kuncoro dan Syauqul Muhibbin-Elim Tyu Samba.

Hasilnya, pasangan Syauqul-Elim Tyu mengungguli pasangan Bambang-Bayu dengan tingkat keterpilihan di atas 50 persen.

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis, menjelaskan pada awalnya survei menanyakan soal tingkat popularitas atau pengenalan terhadap kedua Paslon. Hasilnya, pasangan Syauqul Muhibbin-Elim Tyu Samba dikenal hingga 83,8 persen. Berbeda tipis, tingkat popularitas pasangan Bambang Rianto-Bayu Setyo Kuncoro berada di angka 81,6 persen.

"Artinya delapan dari sepuluh warga Kota Blitar mengenal mereka," ujar Togu dalam keterangannya, Rabu, 16 Oktober.

Dalam hal tingkat kesukaan, lanjut Togu, Syauqul-Elim mendapat nilai 79,6 persen. Sedangkan Bambang - Bayu berada di 52,3 persen.

Kemudian ketika ditanya tentang pilihan warga Blitar jika pemilihan langsung diadakan hari ini, sebanyak 52,2 persen responden memilih pasangan Syauqul-Elim. Sementara 35,4 persen memilih Bambang-Bayu, dan 12,4 persen tidak memberikan pilihan.

Menurut Togu, keunggulan pasangan Syauqul-Elim di atas 50 persen lantaran dipengaruhi oleh keterwakilan perempuan dan generasi milenial, yang merupakan segmen pemilih penting di Kota Blitar.

"Dalam survei yang menggunakan kuesioner dan kartu suara, pasangan Syauqul-Elim kembali unggul dengan 58,8 persen suara, sedangkan Bambang-Bayu meraih 37,3 persen dan 3,9 persen tidak memilih," jelas Togu.

Survei LKPI digelar pada periode 2-12 Oktober 2024 melalui wawancara tatap muka dengan melibatkan 1.200 warga Kota Blitar yang terdaftar dalam DPT Pilkada 2024.

Pengambilan sampel dilakukan melalui Metode Multistage Random Sampling, mencakup responden yang tersebar secara proporsional di 21 kelurahan.

Survei ini memiliki margin of error sekitar 2,81 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebagaimana diketahui, pasangan Bambang-Bayu merupakan politis senior yang diusung PDIP, Gerindra, Golkar, dan PPP, bersama enam partai nonparlemen.

Sementara, pasangan Syauqul-Elim adalah penantang baru yang diusung oleh PKB, PAN, Demokrat, dan tiga partai nonparlemen