Jinan Laetitia Persembahkan EP Perdana, The Pendulum Lengkap dengan Film Pendek

JAKARTA - Penyanyi dan penulis lagu muda asal Bogor, Jinan Laetitia akhirnya bisa membagikan mini album terbaru berjudul The Pendulum. Ini adalah EP perdananya yang berisi lima trek, semua ditulis dengan lirik berbahasa Inggris.

Album ini memuat empat lagu yang sudah dirilis lebih dulu dan satu lagu terbaru berjudul ‘Visions (from under the rubble)’ yang dirilis di semua digital streaming platforms pada Jumat, 11 Oktober.

“Album ini berisi lima lagu yang menceritakan kisah tentang kehilangan cinta dan pembelajaran dari kisah itu. Hidup adalah pendulum yang terus berayun. Hidup terdiri dari masa-masa baik dan buruk. Kapasitas kita untuk bersedih sama dengan kapasitas kita untuk bersuka cita & mencintai,” tutur Jinan dalam siaran pers tertulisnya, Senin 14 Oktober.

‘The Pendulum’ ditulis oleh Jinan, yang juga bertindak sebagai produser bersama dengan Osvaldorio. Sebelumnya Jinan membocorkan bahwa di album terbaru ia akan lebih banyak memproduksi lagu-lagu bertempo upbeat dan vibes yang lebih ceria. Misalnya di lagu ‘Renaissance Man’ Jinan membuat lagu yang bergenre house music yang menjadi kali pertama Jinan bereksplorasi membuat house music.

Empat lagu upbeat di album ini yang merepresentasikan fase kehidupan lalu ditutup oleh satu lagu bertempo lambat yaitu ‘Visions (from under the rubble)’ yang menjadi focus track di album. Di lagu ini Jinan mengajak orang-orang untuk saling berbagi mimpinya. Uniknya lagi, musisi pembuka konser Coldplay di Singapura ini juga menyelipkan pidato dari Rashida Tlaib yang menyuarakan isu kemanusiaan.

“Di lagu ini aku juga berbagi mimpiku sebagai musisi. I want to make music that heals. To prove that you can make art that inspires goodness,’ katanya dalam video pendek yang diunggah di Instagram pribadinya.

Kejutan kecil juga disiapkan Jinan di album ini. Tidak hanya berupa music video, tapi Jinan juga mengeluarkan ‘The Pendulum Short Movie’ yang tayang di kanal youtubenya. Film ini dibuat oleh VSLZM dengan sutradara Dorothy Keiza dan creative supervisor Michael Budihardjo.

Berdurasi hampir 12 menit, short movie ini merupakan visualisasi atas tafsir baru dari masing-masing lagu oleh Jinan yang diwakilkan oleh dua karakter yaitu seorang perempuan dan seekor kucing hitam dalam beberapa fase percintaan.

Jinan pun menceritakan garis besar dari film pendek ‘The Pendulum’. Di lagu ‘Objects of Affection’ dan ‘Renaissance Man’ si perempuan bertemu dengan kucing hitam dan jatuh cinta begitu dalam sehingga dia ingin mengubah kucing itu menjadi manusia,

Baik film ‘The Pendulum’ dan juga focus track ‘Visions’ mendapatkan respon positif dari berbagai pihak. Salah satunya musisi seperti Jawa dari MALIQ & D’Essentials, rapper Willy Winarko dan juga soloist Prince Husein.

Film pendek terbaru Jinan bisa disaksikan di kanal YouTube Jinan Laetitia.