Menhan Israel Telepon Menhan AS Bahas Serangan Hizbullah ke Pangkalan Militer

JAKARTA - Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berkomunikasi dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin tentang serangan mematikan Hizbullah terhadap pangkalan militer Israel.

Gallant mengatakan perbincangan menyoroti dampak serangan pesawat tak berawak, yang menyebabkan empat tentara tewas dan lebih dari 60 orang terluka, delapan di antaranya luka serius.

Dia mengatakan Israel akan mengambil respons yang tegas”terhadap Hizbullah.

Gallant juga mengatakan kepada Austin, Israel mengambil langkah-langkah untuk menjaga koordinasi dengan Pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL).

Serangan ke markas UNIFIL menjadi bahan perdebatan antara Israel dan sekutunya setelah PBB mengatakan militer Israel telah menembaki pasukan penjaga perdamaiannya, secara paksa memasuki pangkalannya, menghentikan logistiknya dan melukai lebih dari belasan tentaranya di Lebanon selatan.

Percakapan telepon antara kedua pejabat tersebut terjadi beberapa jam setelah AS mengumumkan akan mengerahkan sistem pertahanan rudal THAAD ke Israel.

Menhan Gallant menyebut keputusan tersebut menjadi cerminan jelas komitmen Amerika Serikat terhadap keamanan Israel dan pertahanan Israel terhadap ancaman udara yang ditimbulkan oleh Iran dan sekutunya.