Baby Sitter Beri Anak Majikan dengan Obat Penggemuk Badan, Ini Efek Buruknya bagi Kesehatan

JAKARTA - Baby sitter inisial NB di Surabaya, Jawa Timur ditetapkan sebagai tersangka akibat tega memberikan anak majikannya dengan obat penggemuk badan. Baby sitter ini memberikan obat keras kepada anak berusia 2 tahun agar menjadi gemuk.

Baby sitter menggunakan obat penggemuk badan berupa Dexamethasone dan Pronicy. Tersangka memperoleh informasi terkait penggunaan obat deksametason dan pronicy dari temannya. Ia menjelaskan obat penggemuk itu dijual bebas di marketplace.

Efek buruk obat penggemuk badan

Di pasaran, ada dua jenis obat penggemuk badan, yakni Dexamethasone dan Pronicy. Berikut efek buruknya bagi tubuh. 

Efek buruk Dexamethasone

Dilansir dari laman Mayo Clinic, Dexamethasone adalah obat yang berfungsi meredakan peradangan pada area tubuh. Obat ini digunakan untuk mengobati sejumlah kondisi yang berbeda, seperti peradangan (bengkak), alergi parah, masalah adrenal, radang sendi, asma, masalah darah atau sumsum tulang, masalah ginjal, kondisi kulit, dan kambuhnya multiple sclerosis.

Dexamethasone adalah kortikosteroid (obat mirip kortison atau steroid). Obat ini bekerja pada sistem kekebalan tubuh untuk membantu meredakan pembengkakan, kemerahan, gatal, dan reaksi alergi. Tablet deksametason juga digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk mengobati multiple myeloma (sejenis kanker sumsum tulang).

Efek Samping

Beberapa efek samping dexamethasone yang dapat dialami penggunanya adalah sakit perut, rasa panas di dada (heartburn), sakit kepala, gangguan tidur, seperti insomnia, nafsu makan meningkat, gejala infeksi, seperti sakit tenggorokan atau demam yang tidak kunjung reda, nyeri sendi atau tulang, detak jantung tidak teratur (aritmia), mata nyeri, atau gangguan penglihatan, seperti penglihatan buram atau melihat lingkaran di sekitar sumber cahaya.

Selain itu, berat badan naik drastis secara tiba-tiba, bengkak di wajah, kaki, atau pergelangan kaki, perdarahan saluran cerna, yang bisa ditandai dengan sakit perut, tinja berwarna hitam, atau muntah berwarna hitam, perubahan suasana hati atau perilaku yang tidak wajar, perubahan siklus menstruasi, nyeri atau kram otot, memar atau perdarahan tanpa sebab yang jelas, penyembuhan luka lebih lambat, penipisan kulit, kejang, peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia), yang bisa ditandai dengan sangat haus, atau frekuensi buang air kecil meningkat, hingga melemahnya imunitas tubuh.

Dampak dari kesehatan medis jika berlebihan mengonsumsi Dexamethasone

Selain efek yang dibutuhkan, suatu obat dapat menimbulkan beberapa efek yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, jika terjadi, mungkin diperlukan perhatian medis.

Kehadiran masalah medis yang mempengaruhi penggunaan obat ini diantaranya gumpalan darah, katarak, gagal jantung kongestif, sindrom Cushing (masalah kelenjar adrenal), diabetes, infeksi mata, retensi cairan, glaukoma, serangan jantung.

Selain itu, Anda dapat mengalami hiperglikemia (gula darah tinggi), hipertensi (tekanan darah tinggi), masalah kesehatan mental (misalnya, depresi), myasthenia gravis (kelemahan otot yang parah), osteoporosis, ulkus peptikum, perubahan kepribadian, pheochromositoma, masalah perut atau usus (misalnya, diverticulitis, perforasi, kolitis ulserativa), masalah tiroid atau tuberkulosis.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengalamai infeksi jamur, infeksi mata herpes, atau infeksi yang mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Pronicy

Dilansir dari laman Honest Docs, Pronicy adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis alergi. Pronicy mengandung siproheptadin, suatu obat yang termasuk golongan antihistamin generasi pertama.

Cyproheptadine merupakan obat yang bermanfaat sebagai antikolinergik, antiserotonergic, dan sifat anestesi lokal. Histamin secara alami sudah ada dalam tubuh yang dapat menghasilkan berbagai reaksi alergi. Cyproheptadine bekerja dengan cara menghambat efek dari histamin sehingga berbagai reaksi alergi itu dapat dikurangi.

Efek Samping

Efek samping yang paling umum dari obat golongan anti histamin termasuk Pronicy adalah sedasi, mengantuk dan menghambat psikomotor. Efek ini bersifat sementara dan akan segera hilang jika pemakaian obat dihentikan. Efek samping yang jarang misalnya kebingungan, kegelisahan, gugup, tremor, kejang, dan halusinasi.

Efek samping yang lain misalnya mual, muntah, sakit kepala dan efek antimuskarinik seperti retensi urin, mulut kering, diare, anemia hemolitik, leukopenia, agranulositosis, trombositopenia penglihatan kabur, dan gangguan pencernaan.

Pronicy dapat meningkatkan nafsu makan sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, berguna untuk orang yang kekurangan berat badan namun akan merugikan bagi pasien yang kegemukan.