Fakta Negara Lebanon: dari Agama hingga Bahasa

YOGYAKARTA – Fakta negara Lebanon salah satu informasi yang cukup menarik untuk dibicarakan. Seperti diketahui, Lebanon saat ini tengah disorot setelah pasukan Israel (IDF) menyerang markas UNIFIL. Serangan Israel ke markas UNIFIL membuat pasukan penjaga perdamaian PBB terluka.

Di luar dari kejadian tersebut, Lebanon menyimpan fakta yang cukup menarik. Artikel ini akan menyajikan beberapa informasi tentang negara tersebut.

Fakta Negara Lebanon

Lebanon terletak di pantai timur Laut Mediterania yang berbatasan dengan beberapa negara yakni Suriah (sebelah Utara dan imur), Israel (Selatan), dan Laut Mediterania (Barat). Negara yang berubukota di Beirut itu mendapat predikat sebagai negara berdaulat terkecil di dunia. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Lebanon.

  1. Agama mayoritas di Lebanon

Salah satu informasi yang banyak dicari adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh warga Lebanon. Fakta menariknya adalah bahwa negara tersebut sudah lama tak menggelar sensus penduduk yakni pada tanggal 1932. Kondisi itu membuat angka pasti pemeluk agama mayoritas Lebanon tidak diketahui.

Namun, berdasarkan data lembaga jajak pendapat dan penelitian independen Statistic Lebanon, agama mayoritas yang dipeluk oleh penduduk Lebanon adalah Islam. Jumlah populasi orang Oslam di Lebanon mencapai 69,3 persen. Namun Islam di Lebanon punya banyak aliran seperti Sunni, Syiah, dan gabungan Alawi dan Ismail.

Meski demikian ada pula penduduk Lebanon yang memeluk agama Kristen, Katolik, bahkan pemeluk Yahudi.

  1. Sistem pemerintahan

Dilansir dari situs resmi DPR RI, Lebanon adalah sebuah negara yang menerapkan sistem pemerintahan Republik Parlementer. Negara tersebut dikepalai oleh seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri.

Pemilihan presiden di Lebanon dilakukan secara tak langsung oleh Majelis Nasional, sedangkan Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri ditunjuk langsung oleh Presiden. Dalam penunjukannya, presiden harus konsultasi dengan Majelis Nasional.

  1. Pernah dikuasai Perancis

Lebanon pernah menguasai Perancis yakni pada 1920 sampai 1943. Lebanon kemudian merdeka dari Perancis pada 22 November 1943. Jejak kuasa Perancis atas Lebanon masih bisa dilihat sampai sekarang. Salah satunya adalah banyaknya orang Perancis yang tinggal di Lebanon, sebaliknya, banyak pula orang Lebanon yang berada di Perancis.

  1. Banyak warga Lebanon memakai bahasa Perancis

Bahasa resmi Lebanon adalah bahasa Arab, namun banyak generasi muda yang fasih bahasa Perancis. Bahkan bahasa Perancis digunakan di beberapa hal misalnya digunakan pada uang kertas, rambu-rambu, serta memasukkan bahasa Perancis ke dalam kurikulum pendidikan mereka. Kondisi itu menjadikan bahasa Arab jadi kurang populer di kalangan anak muda.

Itulah beberapa fakta negara Lebanon. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.