5 Tips Tetap Sehat saat Cuaca sedang Panas-panasnya

YOGYAKARTA – Perubahan iklim tampaknya mengaburkan batasan musim. Panas menyengat belakangan, penting direspons dalam mempraktikkan gaya hidup yang selaras. Supaya tetap sehat saat cuaca sedang panas-panasnya, ikuti tips berikut ini.

1. Waspadai berapa derajat suhu udara

Mencari informasi tentang tingkat suhu udara penting. Ini bisa didapat dari tayangan televisi, radio, aplikasi, atau situs daring. Cak cuaca setiap hari sebagai antisipasi.

Ilustrasi tips tetap sehat saat cuaca sedang panas-panasnya (Freepik)

2. Memiliki rencana pendinginan

Saat suhu meningkat, Anda perlu mengabiskan waktu sebanyak mungkin di tempat yang sejuk. Rencanakan pilihan jika luar rumah terlalu panas. Anda bisa berada dalam rumah namun tetap mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Bisa juga menyalakan pengatur ruangan dengan suhu lebih rendah. Pilih ruang hijau yang teduh sebagai tempat istirahat.

3. Pastikan minum banyak cairan

Melansir Harvard Health, air mineral adalah pilihan terbaik untuk mencukupi cairan dalam tubuh. Batasi minum minuman manis dan kafein. Lebih baik, minum air mineral ditambah buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air.

4. Memakai kipas angin dengan benar

Kipas angin membantu udara sekitar ruangan relatif dingin. Jika suhu udara sangat tinggi, penting untuk membasahi pakaian atau kulit agar tubuh tidak kepanasan. Saat matahari sedang terik-teriknya, pindah ke lokasi yang teduh dan sejum.

5. Kenali tanda-tanda penyakit akibat panas

Jika Anda memiliki masalah kesehatan atau disabilitas, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat deuretik, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara terbaik mengatasi cuaca yang sedang panas-panasnya.

Penting juga mengetahui penyakit akibat cuaca panas yang antara lain ruam panas, kram panas, kelelahan, dan sengatan panas. ketika mengalaminya, perlu segera melakukan pencegahan supaya tidak berkepanjangan. Apabila memungkinkan, segeralah berkonsultasi secara medis ke pelayanan kesehatan terdekat.