Ada Hikmah di Balik Musibah, Baru The Changcuters Wujudkan Rencana yang Tertunda

JAKARTA - The Changcuters menunjukkan konsistensi mereka dalam merilis karya. Baru-baru ini band enerjik asal Bandung itu merilis Karunia Semesta sebagai single terbaru.

Karya tersebut terasa spesial karena dirilis tak lama setelah Tria pulih dari kondisinya yang sempat dirawat di rumah sakit. Dan di lagu ini, Qibil sang gitaris bertindak sebagai vokalis utama.

Hadirnya Qibil sebagai vokalis di Karunia Semesta adalah hal yang sudah direncanakan sejak akhir 2023. Lagunya pun sudah selesai direkam saat Tria pingsan di panggung pada Agustus lalu.

Posisinya sebagai vokalis di pertunjukan The Changcuters selama dua bulan harus diisi oleh Qibil dan sederet “vokalis magang” ternama seperti Iqbaal Ramadhan, Armand Maulana dan Isyana Sarasvati.

Menurut Tria, wacana Qibil sebagai vokalis sudah ada sejak awal The Changcuters berdiri namun baru bisa terlaksana di situasi sekarang.

“Qibil itu sebetulnya vokalis di band-band dia yang dulu, dan gua ingin mengangkat itu lagi,” kata Tria, yang menyebut Liam dan Noel Gallagher dari Oasis serta Mick Jagger dan Keith Richards dari The Rolling Stones sebagai acuannya.

“Lagu-lagu The Changcuters banyak yang upbeat karena itu memang karakter gua, tapi sebetulnya kami punya banyak materi santai yang lebih cocok untuk Qibil. Jadi kami inginnya ada dua frontman dengan karakter yang memang bertolak belakang biar bisa saling melengkapi.”